ISIS Bikin Onar di Penjara, 3 Sipir dan 29 Tahanan Tewas

ILUSTRASI

DUSHANBE – Sebanyak tiga sipir dan 29 tahanan tewas setelah sejumlah para terpidana teroris ISIS melakukan aksi kekerasan dan pemberontakan di penjara Vakhdat, Tajikistan, Minggu (19/5).

Kementerian Kehakiman Tajikistan melaporkan kerusuhan bermula ketika sejumlah anggota militan ISIS bersenjata pisau melakukan serangan yang menewaskan tiga sipir dan lima tahanan di penjara di Kota Vakhdat. Para korban tewas karena luka tusuk.

Kini, aparat sudah memegang kembali kendali atas penjara yang menampung sekitar 1.500 narapidana tersebut, setelah melumpuhkan 24 militan ISIS perusuh.

“Sebanyak 29 orang narapidana juga terbunuh dalam kejadian itu. Otoritas keamanan Tajikistan disebut telah berhasil mengendalikan situasi. Pihak berwenang mengambil langkah tegas untuk menstabilkan situasi,” kata Kementerian Kehakiman Tajikistan, dilaporkan laman Press TV, Senin (20/5).

Saat ini otoritas Tajikistan sedang menginvestigasi kejadian tersebut. Pasalnya, ini bukan kerusuhan pertama yang terjadi di penjara Tajikistan. Akhir tahun lalu, kerusuhan juga pernah pecah di penjara dengan keamanan maksimum di kota utara Khujand. Sebanyak 21 orang tewas dalam peristiwa itu.

Menurut pihak berwenang, terdapat lebih dari 1.000 warga negara Tajikistan yang bergabung dengan kelompok-kelompok milisi di Irak dan Syria.

Sebagian besar dari mereka melakukan perjalanan ke kedua negara tersebut melalui Rusia. Mereka yang kembali ditempatkan di penjara dengan pengamanan tinggi. (der/fin)