Iwan Fals Ingatkan Tiga Hal Penting ke Penggemarnya

Iwan Fals

KELUARGA Iwan Fals (55), membuka open house di hari ketiga lebaran, Selasa (27/6) lalu. Tidak hanya untuk tetangga yang tinggal di sekitar rumahnya. Tetapi juga bagi para penggemarnya yang lebih dikenal dengan sebutan OI.

Penyanyi senior legendaris yang kerap menyuarakan isu nasionalisme itu mengaku kegiatan halal bihalal yang dilakukannya sudah rutin setiap tahun.  Dia memilih hari ketiga dan keempat sendiri karena pada hari pertama dan kedua lebaran lebih difokuskan untuk keluarga.

Setidaknya ada lebih dari 100 orang yang mengunjungi rumah asri Iwan Fals. Bagi pria pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto itu, acara silahturahmi seperti ini menjadi ajang untuk bertatap muka langsung dengan orang-orang yang mendukungnya.

“Kita cerita macam-macam. Masing-masing punya kerinduan dan pemikiran yang ingin disampaikan,” ujar Iwan didampingi sang istri, Rosanna Listanto, di kediamannya.

Saat bertatap muka langsung dengan tamu yang sebagian besar penggemarnya, ada tiga hal penting yang selalu diingatkan oleh Iwan. “Yang penting lu jangan ngerugiin diri sendiri, jangan ngerugiin orang lain, sama sayang sama alam semesta,” tegas Iwan.

Pelantun lagu Bento itu juga sangat senang dengan respon yang diberikan oleh kelompok Oi. Mereka bersemangat untuk tetap mempertahankan ketiga hal yang disarankan oleh Iwan. “Alhamdulilan tetap produktif obrolan itu,” sambung ayah tiga orang anak itu.

Dalam acara tersebut, Iwan juga mengingatkan kembali tentang pentingnya keberagaman. Sebab, kodrat Indonesia bukan seragam melainkan bhineka tunggal ika. “Kita dari Aceh sampai Papua beda semua mulai dari makanan, pakaian, dan budaya. Jangan sampai itu tersingkirkan. Kebetulan saya tadi ingetin itu,” imbuh Iwan. (Glo/)