Jalan Rusak Mirip Kubangan, Aktivitas Warga Eretan Terhambat

Jalan utama Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur rusak parah. Foto: Komarudin Kurdi/Radar Indramayu

INDRAMAYU –  Jalan utama Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur mengalami kerusakan cukup parah. Akibat kondisi tersebut aktivitas warga dan perekonomian terhambat. Mengingat jalan tersebut sangat vital, karena merupakan jalur distribusi hasil laut. Pemerintah Desa Eretan Wetan berharap jalan itu diperbaiki.

Kuwu Eretan Wetan, H Edi Suhedi mengatakan, kerusakan jalan utama desanya disebabkan oleh banjir. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir jalan tersebut setiap hari terendam banjir akibat gelombang pasang air laut. Ditambah kendaraan yang mengangkut hasil laut dan barang kebutuhan lainnya.

“Karena jalanan aspal, jadi mudah tergerus banjir. Jika diperbaiki dan agar lebih kuat serta tahan lama, ya harus dibeton. Hanya saja persoalannya, kita Pemdes belum mampu untuk memperbaikinya,” ujarnya, kemarin.

Lebih lanjut Kuwu Edi mengatakan, meskipun pemerintah desa telah menerima bantuan dana desa dari pemerintah pusat, tidak cukup untuk membiayai perbaikan jalan tersebut. Karena perbaikan jalan utama tersebut membutuhkan anggaran yang sangat besar.

“Meski digelontorkan semuanya, juga tidak bisa menjangkau keseluruhan dan perlu dilakukan secara bertahap. Sementara yang lainnya perlu juga dibangun. Di desa kami ini, masih banyak infrastruktur yang perlu diperbaiki atau dibangun. Ini yang menjadi persoalan bagi kami. Oleh karenanya kami berharap adanya bantuan dari Pemerintah, baik daerah maupun dari pusat,” lanjutnya

Edi menambahkan, jalan utama Eretan Wetan sepanjang 1,5 kilometer dan menghubungkan jalur pantura ke tempat pelelangan ikan dan pantai. (kom)