Jangan Buang Sepatu Lama, Jadikan Terlihat Baru dengan Perawatan yang Tepat

SEPATU menjadi salah satu hal yang mampu menunjang penampilan, sehingga bukan sekedar melindungi kaki. Maka sangat penting untuk memperhatikan perawatannya supaya penampilan tidak terkesan kucel apalagi jorok. Perawatan sepatu ternyata perlu diberikan dengan seksama sembari melihat jenis bahan sepatu tersebut.

Bahan Sepatu dan Perawatannya

Merawat sepatu dimulai dari cara membersihkannya dan berlanjut ke cara tepat dalam penyimpanan. Membersihkan sepatu kesayangan perlu diakui menjadi PR tersendiri karena memang gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena tidak sulit setelah paham karakter bahan sepatu tersebut.

Namun, akan terasa sulit jika belum paham triknya apalagi jika memang tidak tahu bahan pembuatan sepatu itu sendiri. Berikut beberapa jenis bahan sepatu dan kiat perawatannya:

1. Sepatu Berbahan Suede

Suededikenal sebagai salah satu bahan sepatu yang banyak dihindari meskipun tampilannya cenderung elegan. Pasalnya bahan sepatu satu ini memang dikenal cukup manja, sebab jika salah sedikit saja maka akan mengalami kerusakan. Bahan satu ini memiliki karakter bulu tipis dan lembut di permukaan luarnya. Lapisan inilah yang perlu diperlakukan dengan teliti.

Ketika muncul noda maka wajib mempergunakan produk pembersih khusus untuk bahan suede. Kenali jenis nodanya, jika noda ini berasal dari zat yang mengandung garam maka dibutuhkan bahan khusus untuk mengatasinya. Penyimpanannya sendiri musti ditempatkan pada ruang yang bersih dan sirkulasi udaranya baik, alias kering supaya tidak mudah rusak.

2. Sepatu Berbahan Kulit Nubuck

Beberapa bahan sepatu memang satu sama lain memiliki permukaan yang tampilannya nyaris sama persis. Bahan suede kerap menipu karena penampakannya mirip dengan bahan nubuck. Nubuck sendiri termasuk ke dalam jenis bahan kulit khusus yang fisiknya mirip dengan suede.

Hanya saja lapisan luar bahan nubuck ini jauh lebih halus sehingga terlihat lebih solid. Bagi mereka yang awam soal sepatu kemungkinan besar akan menganggap nubuck ini sama dengan suede. Padahal berbeda yang kemudian membuat perawatannya pun perlu dilakukan tindakan khusus.

Permukaan bahan nubuck lebih halus dan ketika disentuh akan terasa perbedaan yang signifikan. Dilihat dari segi harga pun nubuck ini lebih mahal dibandingkan dengan bahan suede. Perawatannya nyaris sama untuk penyimpanan yakni di tempat yang bersih dan kering. Sementara untuk mengatasi noda sebaiknya memakai pembersih khusus bukan air.

Air akan membuat material nubuck ini mengalami kerusakan, misalnya warna yang kemudian menjadi tidak merata. Sifat nubuck yang tidak ramah pada air membuat pengguna material sepatu ini lebih aman memakai kaos kaki. Kaos kaki akan membantu menjaga sepatu tetap kering sehingga tidak mudah rusak.

3. Sepatu dari Bahan Kulit Asli

Kulit asli disebut juga dengan istuilah genuine leather dan merupakan bahan dengan kualitas paling baik. Sebab daya tahannya sangat bagus dan ketika digunakan pun akan memberikan rasa lebih nyaman dibanding material lainnya. Meskipun bandrol harganya sendiri adalah paling mahal dibandingkan dengan material lain, termasuk kulit sintetis.

Perawatannya pun memerlukan perhatian khusus karena material kulit ini rawan terkena serangan jamur. Jenis kulit yang digunakan biasanya asli dari kulit hewan, dan umumnya memakai kulit sapi, babi, kambing, dan juga domba. Penyimpanan sebaiknya di tempat yang kering sembari sesekali diangin-anginkan. Sehingga kelembabannya tidak berlebihan.

Apabila terkena noda juga tidak perlu dicuci dengan air, cukup gunakan kain lap lembut yang sudah dibasahi air. Apbila ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka bisa mempergunakan produk pembersih material kulit. Produk pembersih khusus biasanya sudah dilengkapi bahan tambahan yang akan melindungi material kulit tersebut.

4. Sepatu dengan Bahan Kulit Sintetis

Bahan lain yang kerap digunakan untuk pembuatan sepatu adalah kulit sintetis. Jenis kulit ini pada dasarnya terbuat dari bahan kain yang kemudian diolah secara kimia. Baik menggunakan lilin, pewarna, dan bahan lainnya agar tekstur maupun tampilan mirip dengan kulit.

Meskipun terbuat dari bahan kulit sintetis tetap memerlukan perawatan yang tepat supaya awet. Sekaligus memastikan tidak ada noda maupun warna yang tidak beraturan. Mulailah dengan memperhatikan kebersihannya, selalu bersihkan noda sesaat setelah terbentuk agar tidak membandel. Bisa dilap memakai kain basah dan bisa pula disiram dengan air. Hanya saja jangan sampai bagian dalam sepatu kemasukan air karena akan membuat bentuknya berubah. Sekaligus merusak material kulit sintetis tersebut, baik dari segi warna maupun tekstur.

5. Sepatu dari Kanvas

Banyak pria maupun wanita memiliki koleksi sepatu berbahan kanvas karena memang ringan dan nyaman dipakai. Sepatu santai ini memang menjadi sepatu sejuta umat, agar tetap nyaman sampai kapanpun. Si pemilik tentu tetap wajib memberikan perawatan yang maksimal.

Sebab meski kanvas ini banyak dipilih rupanya bentuk perawatannya tidak bisa dikatakan simpel. Sebab bahan kanvas ini memiliki sifat daya serap airnya tinggi dan pada akhirnya membuatnya mudah bernoda. Mencuci segera setelah noda muncul adalah pilihan tepat agar tidak membandel.

Selain itu setelah dicuci dengan cara disikat memakai sikat khusus, jemur di tempat yang teduh. Paparan sinar matahari langsung akan membuat warna aslinya menjadi pudar. Bahan kanvas membuat sepatu jenis ini lebih mudah disimpan. Sebab bisa diletakan pada rak sepatu atau dimasukan ke dalam kotak kardus. Asalkan sirkulasi udaranya baik maka akan lebih awet.

6. Sepatu Berbahan Denim

Bahan denim juga banyak disukai karena memang nyaman ketika dikenakan. Sepatu berbahan denim ini juga memiliki perawatan yang nyaris sama dengan bahan kanvas. Gunakan sikat khusus sepatu dengan bulu lembut untuk mengatasi noda yang menempel. Bisa pula mempergunakan produk pembersih khusus untuk menjaga kebersihan dan penampilannya.

Pemilihan sepatu tentunya tidak hanya dari segi model namun juga karakter bahan. Bahan sepatu sangat beragam seperti penjelasan yang sudah disampaikan. Setiap bahan memiliki karakternya sendiri yang tentu butuh perawatan khusus. Beberapa orang lebih nyaman memakai sepatu yang bahannya ringan agar bebas bergerak.

Namun, tidak sedikit pula yang lebih memilih sepatu dari segi kebutuhan perawatannya. Semakin mudah dan praktis maka semakin baik, apalagi jika memang proses perawatannya ramah modal. Maka tidak ada salahnya untuk lebih teliti dalam memperhatikan bahan sepatu yang akan dibeli. Pastikan memang nyaman dan mudah untuk dirawat, bisa pula melirik tampilannya sebagai nilai tambah.

Sebab memakai sepatu yang tampilannya trendy dan mahal sudah tentu mendongkrak kepercayaan diri. Merogoh kocek lebih dalam untuk sepasang sepatu juga bukan tindakan yang keliru. Agar sepatu yang dimiliki selalu terlihat baru berikan perawatan lebih. Gunakan rangkaian produk Kans Care untuk menjadikan sepatu lama selalu terlihat baru.

Kans Care menggunakan bahan alami untuk membantu mengatasi noda sampai bau pada sepatu kesayangan. Jenis produknya beragam dan bisa disesuaikan dengan jenis bahan sepatu yang dimiliki. Hubungi kontakdi nomor 085318002069 untuk menanyakan detail produk atau kunjungi website resmi kami di www.kans-care.com dan Instagram @kanscare.id. (rdh/rls)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait