Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Cegah Aksi Spekulan, Minta Camat Pantau Harga Sembako

Wabup menyalurkan paket sembako subsidi murah. pemerintah terus memantau kebutuhan pokok di pasaran utuk memastikan stok dan harganya normal.
Wabup menyalurkan paket sembako subsidi murah. pemerintah terus memantau kebutuhan pokok di pasaran utuk memastikan stok dan harganya normal.

MAJALENGKA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka terus memantau fluktuasi harga kebutuhan pokok di pasaran, terlebih lagi pada mendekati hari raya Idul fitri.

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana mengimbau kepada para camat untuk terus memantau kondisi kebutuhan pokok di wilayahnya.

Menurut Tarsono, mendekati masa lebaran Idul fitri ini Pemerintah tidak tinggal diam untuk menjamin ketersediaan stok kebutuhan pokok di pasaran.

“Kita terus melakukan pengawasan di lapangan, termasuk kepada para camat, kami minta agar terus memantau perkembangan harga-harga kebutuhan pokok.

tidak ingin momen menjelang Idul fitri ini dimanfaatkan okeh oknum spekulan yang mempermainkan stok serta harga sembako untuk memperkaya dirinya sendiri,” ujarnya.

Untuk itu, jika di lapangan ditemukan ketidakwajaran ketersediaan stok pangan dan harga naik tidak wajar, Wabup Tarsono meminta pemcam untuk segera berkoordinasi dengan Pemkab maupun aparat yang berwenang agar bisa ditelusuri lebih lanjut. Jika ditemukan penimbunan, maka penindakan akan dilakukan.

Selain pengawsan, pemerintah juga berupaya membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga yang terjangkau.

Salah satunya dengan memberikan subsidi paket sembako. Seperti yang dilakukan Rabu (22/5). Secara serentak Pemkab menyalurkan 11 ribu paket sembako murah di sejumlah titik.

Masyarakat rumah tengga miskin dapat membeli paket sembako berisi beras premium, minyak goreng, gula pasir, dan telur yang seharusnya seharga Rp140 ribu menjadi Rp65 ribu saja.

Sebab selisih harganya telah disubsidi oleh pemerintah. Dengan ini, diharapkan masyarakat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pangan pokoknya. (azs)

Berita Terkait