Jelang Mudik, Polisi-Dishub Cek Kendaraan Angkutan Lebaran

Dishub Kabupaten Cirebon dan Satlantas Polres Cirebon Kabupaten (Cikab) melakukan uji kelaikan bus di Perusahaan Otobus (PO) Sahabat di Jl Raya Weru, Kabupaten Cirebon. FOTO:SATLANTAS POLRES CIKAB/RADAR CIREBON
Dishub Kabupaten Cirebon dan Satlantas Polres Cirebon Kabupaten (Cikab) melakukan uji kelaikan bus di Perusahaan Otobus (PO) Sahabat di Jl Raya Weru, Kabupaten Cirebon.FOTO:SATLANTAS POLRES CIKAB/RADAR CIREBON

CIREBON-Dishub Kabupaten Cirebon dan Satlantas Polres Cirebon Kabupaten melakukan uji kelaikan bus di Perusahaan Otobus (PO) Sahabat di Jl Raya Weru, Kabupaten Cirebon. Ratusan bus diperiksa tim gabungan itu guna menjamin keselamatan penumpang saat mudik.

Kordinator Penguji KIR Dishub Kabupaten Cirebon Eddy Suzendi mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan secara teknis ke beberapa kendaraan. Baik itu buku KIR dan berbagai alat lainnya. Setelah dilakukan pemeriksaan, pihaknya menemukan kendala. Beberapa bus ada yang tidak mempunyai APAR (alat pemadam kebakaran). Kalau pun ada APAR, sopir tidak tahu penggunaannya.

“Padahal APAR ini penting. Ketika terjadi kebakaran, kadang-kadang sopir panik. Ketika panik, dia tidak bisa buka, malah dilempar saja. Setiap perusahaan angkutan bus yang ada di Kabupaten Cirebon harus punya APAR dan sopirnya harus tahu cara penggunaannya. Selain APAR, kami juga melakukan pemeriksaan di beberapa komponen. Seperti ruang bengkel, roda, tekanan angin, dan lainnya,” katanya. (cep)