Jembatan Cigintung Mulai Direnovasi

Jembatan Cigintung kini dalam proses pembangunan kembali. FOTO:BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA
Jembatan Cigintung kini dalam proses pembangunan kembali.FOTO:BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA-Janji Pemerintah Kabupaten Majalengka membangun Jembatan Cigintung bukan hanya isapan jempol.

Usai diinspeksi Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Kabupaten Majalengka Drs H Eman Suherman MM bersama Tim Teknis Dinas BMCK Kabupaten Majalengka beberapa waktu lalu, kini jembatan yang berada di Dusun Parakan, Desa Salawangi, Kecamatan Bantarujeg itu mulai dibangun kembali.

Pantauan Radar Majalengka, pembangunan berasal dari DAU Tahun Anggaran 2019 senilai Rp198.501.000,- dengan pelaksana proyek CV Parantina. Kepala Desa Salawangi Dede Kuswanto menuturkan, selama proses pembangunan, untuk sementara warga melintasi jembatan darurat. Pembangunan jembatan darurat dibiayai secara swadaya dan merupakan inisiatif para pengusaja batu alam Desa Salawangi, Silihwangi dan Cimangguhilir.

Terpisah, Kepala Dinas BMCK Kabupaten Majalengka Drs H Eman Suherman MM mengatakan pembangunan dilakukan sebagai respons cepat atas kondisi kerusakan jembatan. Dalam sidak yang dilakukan belum lama ini, diketahui jembatan Cigintung mengalami kerusakan parah.

“Kerusakan itu dampak dari bencana alam. Saat turun hujan, air melimpah dan kemudian menghantam fondasi jembatan. Akibatnya, pondasi jembatan mengalami kerusakan tergerus oleh derasnya air,” jelasnya.

Eman pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengusaha batu alam yang ikut mendukung dan pro aktif membangun jembatan darurat. Sehingga selama proses pembangunan jembatan, aktivitas warga tidak tengganggu. “Hanya saja kami tetap mengimbau kepada para pengguna jalan yang melintasi jembatan darurat tersebut untuk tetap berhati-hati dan waspada,| lanjutnya. (har)