Jenazah KH Mukhlas Dimyati Langsung Dikebumikan Malam Ini

ALMARHUM-KIAI-MUKHLAS
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj (ketiga dari kiri) didampingi Menaker Hanif Dahkiri (kedua dari kiri) bersama Sekjen PBNU Helmy Faishal (batik paling kanan) bersama keluarga almarhum mendengarkan penjelasan dokter RSPAD Gatot Subroto saat menjenguk almarhum KH Mukhlas Dimyati, Selasa (13/8). Foto: Istimewa

CIREBON – Almarhum KH Mukhlas akhirnya akan dimakamkan malam ini (13/8) pukul 22.00 WIB. Hal itu berdasarkan konfirmasi keluarga almarhum yang sebelumnya menyebutkan akan dimakamkan Rabu (14/8) pagi.

Saat ini almarhum sudah bertolak dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta ke rumah duka. Setelah sampai di rumah duka, almarhum langsung dimandikan dan disalatkan. Setelahnya, sekitar pukul 22.00 WIB, almarhum akan langsung dikebumikan di kompleks pemakaman Ponpes Gedongan Cirebon.

“Assalamu’alaikum Wr. Wb. Jenazah Almarhum KH. Mukhlas Dimyati akan disarehaken (dikebumikan) malam ini pukul 22.00. Informasi ini sekaligus meralat pemberitahuan yang telah tersebar. Mohon kirim Fatihah dan ziyadah do’a Semoga Almarhum Husnul Khotimah. Terimakasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.”

Demikian kabar yang disampaikan keluarga besar Bani Dimyati Pondok Pesantren Gedongan Kabupaten Cirebon melalui pesan Whatsapp.

Seperti diberitakan sebelumnya, KH Mukhlas Dimyati, sesepuh dan pengasuh Pondok Pesantren Gedongan, Desa Ender, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, wafat, Selasa (13/8) sekitar pukul 14.00 WIB. Almarhum berpulang setelah menjalani perawatan medis di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Kai Muklas sudah sering bolak-balik ke rumah sakit beberapa bulan terakhir karena kondisi usianya yang sudah sepuh. Kiai Mukhlas lantas dibawa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berobat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta hingga akhirnya tutup usia.

Pengasuh Pondok Pesantren Gedongan KH Abdul Hayi menuturkan, kabar meninggalnya Kiai Mukhlas diterimanya pada Selasa siang. Rencananya jenazah akan dipulangkan sekitar 15.30 WIB dan dimakamkan keesokan harinya, Rabu (14/8). Namun, konfirmasi terakhir bahwa jenazah almarhum akan dikebumikan malam ini juga. (hsn)