Jogjakarta hingga Jakarta Berlakukan One Way, Jalur Pantura Macet

Info Mudik 2018
JOGJAKARTA-JAKARTA-ONE-WAYJalan Tol Cipali diberlakukan satu arah. Foto: Dery Ridwansyah/JawaPos.com

CIREBON – Puncak arus balik Lebaran, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memperpanjang pemberlakuan satu arah (one way) menuju Jakarta sejak pukul 16.30 WIB mulai dari titik KM 208 B Tol Cipali diperpanjang, Selasa (19/6) malam. Pemberlakuan dilakukan secara bertahap.

Hingga berita ini dipublikasikan, dari data yang dihimpun radarcirebon.com, one way menuju Jakarta sudah diberlakukan mulai dari KM 252 Gerbang Tol Brexit, Brebes, Jawa Tengah. Bahkan tol fungsional sampai Krapyak, Jogjakarta, juga diberlakukan one way.

Sementara gerbang tol dari Jakarta menuju arah Jawa ditutup. Arus kendaraan roda empat dari Jakarta menuju Jawa dialihkan ke jalur pantura. Akibatnya, arus kendaraan dari Jakarta menuju arah Jawa di jlaur pantura terjadi penumpukan.

Pengendara dari Jakarta menuju Karawang, misalnya, ditempuh dalam waktu 9 jam. Saat ini masih terjadi kemacetan yang luar biasa di jalur pantura.

Kemacetan panjang juga dirasakan Nissa Rengganis, pemudik yang balik ke Cirebon. Dari Purwokerto Jawa Tengah menuju Cirebon menempuh waktu 11 jam dari waktu normal sekitar 4 jam. “Paling parah arah Bumiayu. Gak bisa bergerak sampai lima jam. Mulai lancar dari Pejagan keluar GT Ciperna, karena diberlakukan one way,” kata Nissa. (hsn)