Kalah 0-5 oleh UEA, Indonesia Makin Jauh ke Piala Dunia 2022

UEA-VS-INDONESiA
Pelatih Timnas Indonesia senior, Simon McMenemy (kiri) konferensi pers usai laga. Foto: AFC.COM

DUBAI – Indonesia jadi “makanan empuk” UEA pada matchday ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G, Jumat dini hari WIB (11/10). Tampil di Stadion Al Maktoum, Dubai, Indonesia yang menjadi tamu, menyerah dengan skor telak 0-5.

Gol-gol tuan rumah dicetak Khalil Ibrahim Al Hammadi pada menit 40. Di babak kedua, UEA menggendakannya pada menit 51 lewat aksi Ali Ahmed Mabkhout.

Tertinggal dua gol, Indonesia makin terpuruk dengan tiga gol tambahan UEA. Yakni, dicetak Ali Ahmed Mabkhout dari titik penalti (63’, 72’), serta Tariq Hassan di penghujung pertandingan.

Kekalahan ini membuat Indonesia belum meraih poin satu pun di Grup G. Sebelumnya, Skuad Garuda keok oleh Malaysia (2-3) dan Thailand (0-3). Sungguh rekor buruk bagi Indonesia yang kini berada di dasar klasemen sementara Grup G. Ini juga jadi catatan khusus karena Indonesia kebobolan 11 gol dalam tiga pertandingan.

“Kami bermain baik di babak pertama. Lawan memadukan gaya Asia mereka di babak kedua, sehingga kami kesulitan menjebol gawang UEA,” klaim Simon McMenemy, pelatih Indonesia dikutip PSSI.org.

Di matchday keempat, Indonesia akan menjamu Vietnam di SUGBK. Jika kalah lagi, maka Indonesia makin jauh lolos ke Piala Dunia 2022, yang berlangsung di Qatar.

“Kami bermain di kandang melawan Vietnam. Dan, kemenangan adalah harga mati,” ungkap Simon.

Pelatih UEA, Bert van Marwijk, sosok yang pernah memimpin Belanda di final Piala Dunia 2010 merasa puas bisa mengalahkan Indonesia.

“Babak pertama kami sulit menembus pertahanan Indonesia. Di babak kedua, semuanya berubah, dan kami menguasainya,” ungkap pelatih asal Belanda tersebut. (mid)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait