Kang Ato Maestro Tarling Terbaik Tutup Usia

Sunarto Marta Atmaja. Kang Ato nama bekennya. Wafat di usia 74 tahun. FOTO: IST/RADAR CIREBON
Sunarto Marta Atmaja. Kang Ato nama bekennya. Wafat di usia 74 tahun.FOTO: IST/RADAR CIREBON

Hingga akhirnya pada Sabtu malam itu (5/1), Kang Ato pergi untuk selamanya. Dia wafat di rumah anaknya Veni Prihantini (46). Malam itu, sekitar pukul 20.00, Ferdiani berkunjung ke rumah sang kakak yang selama ini didiami ayah mereka.

Sesampainya di sana, tetangga dan kerabat telah ramai berkunjung. Sang ayah terlihat sedang sakaratul maut. Karena tidak tega melihat kondisi ayah yang telah membesarkannya, Ferdiani tidak henti-hentinya menangis. “Saya peluk di sampingnya. Saya bisikin, Pak saya minta maaf. Saya bacain syahadat, saya juga istighfar sambil terus-terusan saya bisikin di telinga bapak,” ujarnya.

Disampaikan Ferdiani, ayahnya sudah beberapa kali mengalami kondisi tersebut. Dirinya juga tidak mengira sang ayah akan meninggalkan mereka malam itu. Kondisi nafas yang tersendat karena riwayat penyakit paru-parunya, semakin menambah kepanikan keluarga. “Saya sempat wudhu untuk doa. Tapi selesai wudhu, saudara saya ngomong, udah. Katanya udah selamet. Di situ saya udah gak bisa ngomong apa-apa. Sekitar jam 21.15 meninggalnya,” tuturnya.

Putra pertama Kang Ato, Aan Handoyo, mengatakan penyakit paru-paru dan diabetes sudah diderita sang ayah sejak masih muda. Ketika masih aktif pentas. Dia juga beranggapan, kesibukan sang ayah yang sudah tidak seperti dulu, menjadi salah satu faktor almarhum mengalami sakit yang berkepanjangan.

“Dulu kan beliau orangnya aktif sekali sampai siang malam tampil. Kalau dulu banyak kegiatan jadi bisa lupa. Kalau sekarang, mungkin ya di rumah saja dan panggungan pun jarang. Jadi selain penyakit, mungkin ya pikiran juga,” ucapnya. (ade)

Halaman: 1 2 3 4
[adrotate banner="13"]

Berita Terkait