Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Terbakar

Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Terbakar (Foto: Pusdalops BPBD Kuningan)

Kebakaran melanda kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuningan, Jawa Barat, Selasa (18/9/2018) sore. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran hutan tersebut apakah disengaja atau faktor alam.

Upaya pemadaman terus dilakukan petugas gabungan dari BPBD, TNGC, Polri/TNI dan sejumlah relawan. Namun, lokasi yang terjal ditambah kencangnya tiupan angin membuat upaya pemadaman yang dilakukan secara manual menemui kendala.

Kasat Polhut TNGC Kuningan Syaripudin mengatakan, kebakaran hutan Gunung Ciremai ini terjadi pada ketinggian 1.000 meter lebih di atas permukaan laut. Dimana luas kawasan yang terbakar diperkirakan mencapai kurang lebih 10 hektare. Hingga kini pemadaman api masih terus dilakukan karena api terus meluas.

“Kebakaran yang melanda kawasan Lambosir di Desa Setianegara, Cilimus, Kuningan terus meluas akibat tiupan angin yang cukup kencang dan pepohonan yang mudah terbakar,” kata Syaripudin.

Menurut dia, belum diketahui pasti penyebab kebakaran hutan Gunung Ciremai Kuningan namun petugas gabungan ini terus memadamkan kobaran api yang terus meluas di kawasan Hutan Ciremai tersebut.

“Hingga malam ini proses pemadaman dengan secara manual ini dihentikan mengingat kondisi jalan dan sulit dijangkau oleh mobil kebakaran dan akan dilakukan pemadaman esok pagi nanti,” ungkap Syaripudin.