Kebakaran Lagi, Gudang dan 3 Lahan Kosong

Petugas Damkar Pos Jaga Gunungjati memadamkan api yang membakar gudang pembuatan gypsum di Suranenggala. FOTO:DAMKAR FOR RADARCIREBON
Petugas Damkar Pos Jaga Gunungjati memadamkan api yang membakar gudang pembuatan gypsum di Suranenggala.FOTO:DAMKAR FOR RADARCIREBON

CIREBON-Si jago merah mengamuk di empat lokasi di Kabupaten Cirebon, Jumat (12/9). Kebakaran itu antara lain terjadi di gudang pembuatan gypsum dan tiga lahan kosong.

Eno Sujana, Kasi Tanggap Darurat Dinas Damkar Kabupaten Cirebon mengatakan gudang pembuatan gypsum yang terbakar di RT 03 RW 04, Suranenggala, Kecamatan Suranenggala. Di lokasi itu, api diketahui pertama oleh warga setempat. Warga langsung menelepon petugas Damkar Pos Jaga Gunungjati.

“Kami menerima telepon dari masyarakat terkait adanya kebakaran gudang pembuatan gypsum. Dari informasi itu, langsung kami terjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari pos jaga Gunungjati dan Weru untuk melakukan pemadaman,” jelasnya kepada Radar Cirebon.

Menurut Eno, dari hasil pemeriksaan anggotanya, kebakaran tersebut diduga karena adanya oknum masyarakat yang membakar sampah di samping gudang yang kemudian ditinggalkan, sehingga api merembet dan membakar gudang pembuatan gypsum. Adanya angin yang bertiup kencang, api pun dengan cepat membakar atap gudang yang terbuat dari kayu.

Eno mengatakan ternyata masih ada warga yang membakar sampah dan meninggalkannya sehingga terjadi kebakaran. “Padahal sering kita imbau agar mematikan apinya. Jangan dibiarkan karena bisa berakibat lebih parah. Untuk yang gudang gypsum itu, api membakar bagian atap. Korban mengalami kerugian Rp25 juta. Api berhasil dipadamkan dan dinginkan satu jam setelah damkar datang dengan menghabiskan tiga tangki air,” kata Eno.

Selain kebakaran pada gudang pembuatan gypsum, Eno mengatakan tiga kebakaran lainnya terjadi pada lahan kosong. Pertama terjadi sekitar pukul 11.00 pada lahan  lahan kosong di depan kantor Kecamatan Kedawung. “Penyebab kebakaran diduga dari oknum warga yang membakar sampah kemudian ditinggal hingga api membesar dan mengenai rumput dan semak yang kering,” ucapnya.

Selang 10 menit kemudian, pihaknya kembali menerima telepon adanya kebakaran lahan di dekat Perumaham Dinar Mas Kelurahan Gegunung, Kecamatan Sumber. Pos jaga Sumber pun kembali diterjunkan untuk melakukan pemadaman.

“Kali ini, penyebab kebakaran diduga dari oknum yang membuang puntung rokok sembarangan dan mengenai rumput yang kering. Sedangkan yang ketiga di lahan kosong di Desa Wanakaya, Gunungjati. Juga diduga orang bakar sampah,” pungkas Eno. (cep)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait