Kelelahan, Anggota KPPS Meninggal

DIKEBUMIKAN: Jenazah Casmudi, anggota KPPS TPS 01 Desa Tenajar Lor, Kecamatan Ketasemaya, Kabupaten Indramayu dikebumikan di desa setempat, Sabtu (20/4) sore. FOTO: IST/ RADAR INDRAMAYU
DIKEBUMIKAN: Jenazah Casmudi, anggota KPPS TPS 01 Desa Tenajar Lor, Kecamatan Ketasemaya, Kabupaten Indramayu dikebumikan di desa setempat, Sabtu (20/4) sore.FOTO: IST/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU– Diduga akibat kelelahan setelah menjalankan tugas sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 01, Blok Balon, Desa Tenajar Lor, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Casmudi (60) menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Casmudi sempat menjalani perawatan di RSUD Arjawinangun setelah menyelesaikan tugasnya sebagai anggota KPPS, Sabtu (20/4).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Casmudi (60) merupakan pensiunan PNS PU Pengairan. Pada Kamis (18/4) sekitar pukul 05.00 WIB pagi, ia dilarikan ke RSUD Arjawinangun karena mengalami sakit di bagian perut dan faktor usia.

Selain itu, Casmudi juga kurang istirahat selama dua hari karena fokus menyiapkan dan melaksanakan pemungutan serta perhitungan suara.

Kapolsek Sukagumiwang, Kompol I Wayan Suarjana, mengungkapkan pihaknya mendapat informasi mengenai anggota KPPS di Desa Tenajar Lor, Kecamatan Kertasemaya yang meninggal, setelah membaca di grup Whatsap PPS dan PPK Kecamatan Kertasemaya.

“Kita langsung kroscek di lapangan. Berdasarkan keterangan, keluarga almarhum memiliki riwayat penyakit pada bagian perut dan penyakitnya belum diketahui karena belum pernah check up,” jelasnya.

Casmudin, lanjut dia, meninggal setelah mendapatkan perawatan dua hari di RSUD Arjawinangun.

Wayan, mengatakan selain faktor kelelahan setelah bekerja dua hari sebagai anggota KPPS di TPS 01, Desa Tenajar Lor, Kecamatan Kertasemaya, faktor penyakit perut dan usiapun menjadi penyebab meninggalnya Casmudi (60). Jenazah kemudian dikebumikan di TPU setempat.

“Sebelum sakit hingga meninggal, almarhum Casmudi, bisa melaksanakan tugas sebagai anggota KPPS TPS 01 Desa Tenajar Lor, pihak keluarga juga menyadari itu merupakan musibah,” tuturnya.

Sementara, Pemdes Tenajar Lor, Faturrahman membenarkan ada warganya yang merupakan anggota dari KPPS TPS 01, meninggal setelah menjalani perawatan selama dua hari di RSUD Arjawinangun.

Casmudin sudah menjadi KPPS sejak tahun 2014 dan sudah mendedikasikan dirinya untuk menyukseskan pemilu 2019.

“Usianya memang sudah tidak muda lagi, tapi semangatnya dalam menjalankan tugas sebagai anggota KPPS kita apresiasi setinggi-tingginya,” ujarnya. (oni)