Kemenangan Ketujuh Samba usai Piala Dunia 2018

Gabriel Jesus (nomor 9) mencetak brace ke gawang Republik Ceko pada pertandingan persahabatan di Sinobo Stadium, Rabu (27/3) dini hari WIB. FOTO: PETR DAVID JOSEK/AP
Gabriel Jesus (nomor 9) mencetak brace ke gawang Republik Ceko pada pertandingan persahabatan di Sinobo Stadium, Rabu (27/3) dini hari WIB.FOTO: PETR DAVID JOSEK/AP

PRAGUE-VRŠOVICE –Brasil menerjunkan skuad berkekuatan penuh saat melawan Republik Ceko pada pertandingan persahabatan (FIFA Match Day) di Sinobo Stadium, Rabu (27/3) pagi WIB. Tim Samba menang cukup telak, 3-1.

Jalannya pertandingan di babak pertama, tim tamu lebih agresif. Brasil langsung berinisiatif melancarkan serangan sejak peluit dibunyikan. Brasil selalu menguasai bola. Beberapa kali peluang diciptakan Brasil. Namun, lini belakang Ceko masih begitu kokoh untuk bisa ditembus.

Asyik menyerang, Brasil lupa pertahanan. Hasilnya, Ceko membuka keunggulan lewat gol dari David Pavelka pada menit ke-37. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Ceko di babak pertama. Di babak kedua, variasi serangan Brasil membuat kalangkabut para pemain Ceko. Baru empat menit usai kick-off babak kedua, Brasil menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Roberto Firmino. Skor 1-1 berubah pada menit 49.

Di menit 74, Philippe Coutinho digantikan Gabriel Jesus. Pergantian ini efektif. Jesus berhasil mencetak dua gol dalam 7 menit. Striker Manchester City itu mencetak gol pada menit 83 dan 90. Skor akhir para pertandingan tersebut adalah 3-1 untuk kemenangan Brasil.

Hasil ini menjadi kemenangan ke-7 Tim Samba dalam laga persahabatan usai Piala Dunia 2018. Sebelumnya, Selecao –julukan Brasil- ditahan imbang 1-1 Panama pada 24 Maret 2019, yang menjadi satu-satunya laga gagal bagi Brasil dalam kurun waktu tersebut. “Kami belum puas,” kata Tite, pelatih Brasil dikutip SambaFoot. Wajar ungkapan Tite karena Neymar Jr belum tampil. (mid)