Kena Air Hujan, Kotak Suara Basah Melempem seperti Kerupuk

Data Sementara hingga Kemarin 1.436 Rusak

Pekerja mengangkut kotak suara berbahan karton yang sudah tak bisa digunakan karena terkena rembesan air di gudang yang disewa KPU Kabupaten Cirebon.
Pekerja mengangkut kotak suara berbahan karton yang sudah tak bisa digunakan karena terkena rembesan air di gudang yang disewa KPU Kabupaten Cirebon.

CIREBON– KPU Kabupaten Cirebon terus mendata kotak suara yang rusak setelah gudang di Plumbon terdampak rembesan air hujan. Hingga kemarin KPU masih proses sortir guna memastikan jumlah pasti kotak suara yang rusak dan harus diganti baru.

“Setelah proses sortir surat suara yang rusak selesai, kita akan buat berita acara ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Barat terkait kerusakan kotak suara, sekaligus berita acara meminta pengganti kotak suara yang rusak,” ujar Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuddin Jazuli MSi.

Pria yang akrab disapa Asep itu sebelumnya mengatakan kotak suara yang basah tersebut adalah tumpukan kotak suara pada bagian bawah. “Ini kan sudah kita dirikan semua. Ada lima tumpukan. Jadi bagian bawah yang kena dampaknya. Basah agak melempem kayak kerupuk yang kena air,” katanya.

Asep menjelaskan, jumlah kotak suara totalnya 33 ribu lebih. Yang sudah tersusun dalam bentuk kotak ada 14.745. Sementara sisanya belum dibentuk. Namun, hingga kini pihaknya masih melakukan sortir logistik akibat rembesan air hujan.

Mekanismenya, kata Asep, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke KPU RI. “Apakah barang milik negara ini (kotak suara) dikembalikan lagi ke KPU RI atau tetap di Kabupaten Cirebon. Kalau KPU RI minta disertakan, ya kita sertakan,” katanya.

Halaman: 1 2 3 4

Berita Terkait