Kepengurusan Keluarga Literasi Kabupaten Cirebon Dibentuk

Pertemuan antara pegiat literasi Kabupaten Cirebon dengan pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cirebon di Ruang Anak Perpusda, Jumat siang (22/3). FOTO:ADE GUSTIANA / RADAR CIREBON
Pertemuan antara pegiat literasi Kabupaten Cirebon dengan pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cirebon di Ruang Anak Perpusda, Jumat siang (22/3).FOTO:ADE GUSTIANA / RADAR CIREBON

CIREBON–Kepengurusan keluarga literasi Kabupaten Cirebon, telah dibentuk. Salah satu tujuannya, adalah untuk memasyarakatkan literasi di daerah. Pembentukan kepengurusan dilakukan dalam agenda pertemuan rutin antara keluarga literasi Kabupaten Cirebon dan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Cirebon, di ruang anak Perpusda, Jumat siang (22/3).

Pertemuan yang membahas agenda ke depannya itu, telah dijadwalkan dalam waktu dua bulan satu kali. Setelah sebelumnya pertemuan perdana dilakukan pada 16 Januari 2019.

Kasi Pelayanan Perpusda Kabupaten Cirebon H Harcan SSos mengatakan, selain menyusun agenda yang akan dilaksanakan, silaturahmi yang telah berlangsung adalah dalam rangka membahas dan berbagi terkait permasalahan yang terjadi di lapangan. Kata dia, yang juga banyak disoroti komunitas adalah mengenai banyaknya perpustakaan di sekolah terutama tingkat sekolah dasar yang sudah lagi tidak berfungsi sebagaimana perannya.

“Banyak disoroti oleh komunitas, bahwa banyak perpustakaan sekolah, terutama SD yang tutup. Dan ada sekolah yang tidak punya perpustakaan. Komunitas itu menginginkan adanya intervensi dari pemda untuk sekolah-sekolah yang perpustakaannya tutup. Dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon,” katanya.

Dikatakan Harcan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Cirebon hanya berwenang melakukan pembinaan. Salah satunya terkait sarana dan prasarana. Selain keluarga literasi, dalam kesempatan itu hadir kepala dinas, sekretaris dinas, serta kepala bidang dinas perpustakaan dan kearsipan.

Dari pertemuan tersebut, Harcan berharap, ke depannya semangat literasi dapat ditularkan melalui pegiat-pegiat di masing-masing daerah. Sehingga pengetahuan melalui buku bacaan, dapat menambah wawasan bagi mereka yang memang jarang atau tidak pernah mengunjungi Perpusda Kabupaten Cirebon.

“Kehadiran mereka (komunitas, red) sangat membantu kami dalam menularkan minat baca, terutama yang tinggal di daerah. Semoga silaturahmi ini terus terjalin dan banyak memberikan manfaat bagi orang-orang sesuai dengan tujuannya,” harapnya.

Senada disampaikan Pustakawan, Tanto. Dia menyambut baik setiap agenda yang akan dilakukan keluarga literasi Kabupaten Cirebon. Menurutnya, itu sangat membantu perpusda dalam mengembangkan minat baca. (ade)