Kesadaran Warga Kurang, Sampah Menumpuk di Tepi Sungai Bondet

SAMPAH-SUNGAI-BONDET
TEPI JEMBATAN: Sampah menggunung di tepi jembatan Sungai Bondet, Kabupaten Cirebon. Pemcam Gunungjati mengaku jika kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya masih minim. FOTO: NURHIDAYAT/RADAR CIREBON

CIREBON – Tumpukkan sampah memenuhi tepi sungai Bondet, Kabupaten Cirebon. Saking banyaknya, sampah menyentuh badan jalan di Jembatan dan Sungai Bondet.

Salah warga sekitar, Haris kepada Radar mengatakan tumpukkan sampah sangat mengganggu. “Baunya sangat tidak enak dan bikin lingkungan terlihat sangat kumuh,” ujarnya.

Ketika ia memancing ikan di bawah Sungai Bondet, Haris mengaku sering terkena sampah yang dibuang warga ke bawah Jembatan. “Saya lagi mancing ikan dan itu kena sampah yang dibuang warga dari atas jembatan. Itu sering terjadi ketika saya mancing,”tuturnya.

Terpisah, Camat Gunungjati, Kusdiyono kepada Radar mengatakan di wilayahnya terdapat dua titik yang dipenuhi sampah liar. “Ada dua pertama di Sungai Bondet Desa Grogol dan Sungai Condong desa Jatimerta. Keduanya banyak sekali sampah,” ujarnya.

Hal tersebut terjadi karena pemahaman dan kesadaran masyarakat yang kurang. “Karena memang kesadaran masyarakat sangat kurang, ditambah lagi pemahaman masyarakat juga kurang,” tuturnya.

Kusdiyono mengungkapkan pihaknya sudah memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Imbauan sudah sering, kita juga sudah sering buat spanduk himbauan kepada warga tetapi tetap saja masih banyak yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya. (den)