Kesbangpol Ikut Genjot Partisipasi Pemilih

ilustrasi

CIREBON-Kesbangpol Kabupaten Cirebon membantu tugas KPU, untuk bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Kesbangpol targetkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu bisa lebih tinggi dibandingkan Pilkada 2018 lalu.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Cirebon, Zaenal Abidin mengatakan pihaknya membantu untuk meningkatkan partisipasi pemilih. “Membantu pelaksana dari KPU ataupun Bawaslu,” ujarnya.

Berbagai langkah yang dilakukan pihaknya demi meningkatkan angka partisipasi pemilih. Salah satunya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat melalui sosialisasi pemilih pemula, sosialisasi kepada para santri maupun sosialisasi kepada masyarakat luas.

Bahkan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pemilih pemula dari kalangan pelajar. “Kemarin kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat atau komunitas, sebelumnya kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat wilayah barat yaitu sosialisasi kepada pemilih pemula tingkatan SLTA,” tuturnya.

Pihaknya terus berusaha untuk bisa menyentuh masyarakat yang belum mengetahui informasi apapun tentang Pemilu serentak. “Bagaimana Kesbangpol bisa menyentuh kepada masyarakat yang belum tersentuh oleh KPU atau Bawaslu,” ungkap dia.

Pihaknya targetkan partisipasi Pileg dan Pilpres ini jauh lebih tinggi ketimbang partisipasi pemilih pada Pilkada. “Kita ingin Pilpres dan Pileg ini partisipasi masyarakat dalam memilih lebih tinggi dan terus ditingkatkan, serta kita ingin Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara aman dan damai serta sejuk. Jangan ada fitnah dan isu-isu yang bisa mengganggu pelaksanaan Pileg dan Pilpres,” tukasnya.

Zaenal memastikan saat ini belum ada gesekan antar timses peserta Pemilu di Kabupaten Cirebon. “Di Kabupaten Cirebon gesekan antar timses peserta Pemilu belum ada, alhamdulillah. Kalau untuk dukung mendukung memang sudah ada, dan saya rasa itu wajar,” tuturnya. (den)