Ketika Jangkrik Menutupi Langit Kota Suci Mekah

Fenomena jutaan jangkrik hitam memenuhi Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi. Warga setempat mengatakan tak pernah menyaksikan kejadian tersebut seumur hidup mereka.

Melansir dari gulfbusiness.com, Kamis (10/1/2019) pejabat setempat mengatakan jutaan jangkrik tersebut bahkan menyebar ke bagian lain kota Mekkah. Namun demikian, keberadaan jangkrik tersebut sudah dibersihkan.

Sebuah pernyataan di Twitter, pemerintah kota Mekah mengatakan bahwa lebih dari 130 petugas dikerahkan untuk memusnahkan serangga. “Kami fokus pada bidang reproduksi dan pengembangbiakan serangga, selokan, dan sumber air di sekitar pekarangan Masjid Suci dan semua halaman masjid,” katanya.

Gambar dan video jangkrik diedarkan awal pekan ini di media sosial, dengan serangga terlihat menutupi dinding dan lantai masjid.

“Saya telah tinggal di Mekah seumur hidup saya dan saya belum pernah menyaksikan sesuatu seperti ini sebelumnya,” tambahnya.

Jacky Judas, manajer dan penasihat ilmiah keanekaragaman hayati terestrial di WWF dan Emirates Nature mengaku terkejut melihat serangga dalam jumlah besar.

Menurut dia, kemungkinan jutaan serangga tersebut berasal dari salah satu tempat penangkaran. Akan tetapi, mereka terlepas dan menyebar dalam jumlah besar.

Dia menambahkan, jika tidak mungkin ada kondisi khusus yang mendukung pengembangan mereka.

Meski demikian, Jacky tak bisa mengaku tak mengetahui apa yang sebeneranya terjadi.

“Tapi aku tidak tahu apa yang akan terjadi,” ungkapnya.

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait