Koeman-Gullit Bela De Ligt

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt (tengah) gagal tampil gemilang bersama Juventus di awal musim. Namun, performanya dibela oleh pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman dan legenda Belanda, Ruud Gullit. FOTO: ANTONIO CALANI/AP

AMSTERDAM – Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, angkat bicara terkait penampilan mengecewakan Matthijs de Ligt bersama klub barunya, Juventus. Menurutnya, bek berusia 20 tahun itu masih dalam proses adaptasi dengan gaya permainan baru.

De Ligt dikritik karena kinerjanya pada debut Serie A menghadapi Napoli, akhir pekan lalu. Mantan pemain Ajax yang dibeli 75 juta Euro (Rp1,167 triliun) itu melakukan beberapa kesalahan yang memicu lahirnya gol Napoli, meski Juve pada akhirnya menang 4-3.

“Dia tidak bermain dengan baik. Dia mengalami momen buruk dengan gol (Hirving) Lozano. Dua gol lainnya berbeda. Itu adalah tendangan bebas yang berbalik dan selalu sulit untuk diantisipasi. Tapi ya, dia tidak bermain seperti yang kita inginkan,” kata Koeman dikutip Goal.

Koeman menyebut, ini hanya masalah adaptasi saja. “Kadang-kadang orang berpikir perubahan terlalu mudah. Saya masih punya koran pertandingan pertama saya di Barcelona. Itu bencana. Kami kalah 0-2 dan semua orang mempertanyakan kedatangan saya,” tegasnya.

Legenda Belanda, Ruud Gullit juga menasihati De Ligt. Menurutnya, De Ligt harus bisa menghadapi tekanan sebagai pemain Juventus karena penampilannya akan terus disorot. “Akan tetapi, dia harus tetap percaya pada dirinya sendiri karena telah membuktikan lebih dari yang diperlukan dan menunjukkan memiliki kualitas untuk dapat bermain di level tertinggi,” kata Gullit di DeTelegraaf.

Gullit percaya bahwa De Ligt bisa segera membangun kemampuannya di antara para pemain elite Juventus.

“Saya tahu De Ligt 100 persen. Pada saat itu, dia juga memulai dengan buruk pada usia 17 ketika membela Timnas Belanda dan mendapat balasan yang baik,” jelasnya. (mid)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait