Komisi III Dorong Sekolah Budayakan Study Tour Lokal

Ilustrasi-Study Tours

CIREBON-Pemerintah Kota Cirebon sudah mencanangkan pariwisata dengan target 2 juta wisatawan. Pencanangan ini dianggap belum menggema. Bahkan sekolah-sekolah disarankan melakukan study tour lokal.

Anggota Komisi III DPRD M Junaedi mengatakan, meramaikan destinasi wisata ini mesti dilakukan dimulai dari dalam Kota Cirebon. Maksudnya, sekolah-sekolah yang selama ini sibuk study tour keluar kota agar dialihkan ke objek wisata di Kota Cirebon. “Jangan terus-terusan ke Jogja, Malang sampai ke Bali,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Sekolah di Kota Cirebon, kata dia, kerap mengabaikan wisata edukasi dan sejarah seperti Keraton Kasepuhan, Kacirebonan hinggga Kanoman. Dan ini perlu diperkenalkan kepada siswa dan masih erat berkaitan dengan sejarah budaya Cirebon.

Study tour lokal ini, diharapkan menjadi solusi atas keluhan orang tua siswa. Politisi Partai Demokrat ini mengaku sering mendapatkan keluhan biaya study tour yang dibebankan sekolah. “Sekarang musim study tour, orang tua sering mengadu,” kata Junaedi.

Bila ini dilakukan sekolah-sekolah, dirinya optimis pariwisata Kota Cirebon perlahan-lahan akan terus tumbuh. Ia pun mendorong dinas pendidikan berkontribusi pada kebijakan ini. Untuk mengajak siswa meramaikan objek wisata lokal. (abd)