Kota Cirebon Dapat Emas Lagi dari Cabor Baru

Porda Jabar 2018

aeromodeling-emasREWARD: Pasangan Tri Hariadi/Supratno mendapat uang kadeudeuh dari Tim Manajer Kota Cirebon usai meraih emas cabang aeromodeling. FOTO: TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

BOGOR – Federasi Aeromodeling Seluruh Indonesia (FASI) Kota Cirebon membuat kejutan. Cabang olahraga (cabor) yang belum setahun didirikan itu merebut medali emas di Porda Jabar XIII/2018.

Kamis siang (11/10), dua atlet andalan mereka, Tri Hariadi dan Supratno mendominasi kelas F2C Team Race di Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor. Duet Tri (pilot) dan Supratno (mekanik) di nomor beregu tersebut membuat FASI pecah telur di Porda perdana mereka.

Tri/Supratno menyelesaikan pertandingan 100 lap dengan catatan waktu 8 menit 29,8 detik. Mereka mengalahkan dua rival lainnya di babak final. Yaitu Epul Saepul/Dea Ginanjar dari Kabupaten Bandung di peringkat dua dan Revan Tri Hermansyah/Hendar Kusnandar dari Kota Tasikmalaya di peringkat tiga.

Kedua pasangan itu tidak berhasil finis. Saepul dan Dea Ginanjar menyelesaikan 68 lap. Sementara Revan dan Kusnandar hanya mampu menyelesaikan 30 lap. “Dua atlet kita tampil luar biasa hari ini. Mereka cukup tenang menyelesaikam 100 lap dengan dua kali kesempatan landing,” kata Muhammad Amin, Manajer Kontingen FASI Kota Cirebon.

FASI Kota Cirebon baru resmi didirikan pada Desember 2017 lalu. Berbagai kendala mereka hadapi demi debut di Porda 2018. Kesuksesan meraih emas menjadi pengalamam berharga bagi dua atlet muda mereka. “Rasanya senang dan bangga sekali. Saya baru pertama ikut Porda,” kata Tri Hariadi usai pertandingan.

Tidak hanya meraih emas. Tri dan Supratno mendapatkan jaminan memperkuat tim Jawa Barat pada Babak Kualifikasi (BK) PON XX/2020 yang akan digelar di Papua, tahun depan. “Target berikutnya meraih emas di BK PON,” tambah Supratno. (ttr)