Kuningan Luncurkan Aplikasi ‘Kiri Bang’

kadishub-dan-bupati

KUNINGAN – Pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan Kuningan meluncurkan aplikasi baru bernama ‘Kiri Bang’. Aplikasi ini dikenalkan saat peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di halaman Setda Kuningan, Selasa (17/9).

Upacara peringatan Harhubnas diikuti pegawai setda, para kepala SKPD, dari Kodim dan instansi lainnya. Peringatan Harhubnas ini dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja, dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga aplikasi ‘Kiri Bang’ ini menjadi salah satu solusi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Khususnya bagi pengguna moda transportasi umum.

“Aplikasi Kiri Bang ini bisa diunduh di hp android. Kiri Bang adalah layanan untuk angkutan kota (angkot) agar mengetahui posisi angkot berada dimana, dan kita bisa mengetahui siapa sopirnya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, Deni Hamdani saat memberi keterangan persnya.

Dia menilai, peluncuran aplikasi ‘Kiri Bang’ dilakukan sekaligus dalam momentum Harhubnas bertajuk Merajut Nusantara Membangun Bangsa Bhakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju. “Jadi peluncuran aplikasi ini bersamaan dengan Hari Perhubungan Nasional tingkat Kabupaten Kuningan. Aplikasi produk orang Kuningan asli yaitu aplikasi Kiri Bang,” papar mantan Kasatpol PP tersebut.

Menurutnya, aplikasi tersebut untuk membantu masyarakat dalam memudahkan pelayanan di bidang angkutan umum. Aplikasi ini diperuntukan bagi supir angkutan umum yang biasa melayani dalam trayek.

“Aplikasi ini adalah merupakan upaya kita untuk menyeimbangkan dengan angkutan online. Aplikasi ini diharapkan didukung oleh masyarakat Kuningan, tadi Pak Bupati dengan jajaran forkompinda juga naik angkot dengan menggunakan aplikasi Kiri Bang,” ungkapnya.

Sementara Bupati Acep Purnama menuturkan, sektor perhubungan mempunyai peranan yang cukup strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Dia juga merasa bangga atas penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementrian Perhubungan kepada Pemkab Kuningan. Ini menunjukkan jika penataan lalulintas perkotaan di Kabupaten Kuningan mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

“Karena peran yang sangat strategis, maka segenap SDM perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras dan nyata di sektor transportasi. Sebab hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa, dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Kuningan. Dan penghargaan Wahana Tata Nugraha yang diperoleh Kabupaten Kuningan, kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Kuningan,” pungkas bupati. (ags)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait