Lagi Akibat Bakar Sampah Sembarangan, 2 Hektare Lahan Warga Kebakaran

melanda lahan kebun milik Pemerintah Desa Ciawigebang seluas 2 hektare hingga menyebabkan kerugian materil hingga jutaan rupiah.FOTO: M TAUFIK/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Lagi-lagi kebakaran lahan akibat kelalaian membakar sampah sembarangan terjadi di Kabupaten Kuningan. Kali ini melanda lahan kebun milik Pemerintah Desa Ciawigebang seluas 2 hektare hingga menyebabkan kerugian materil hingga jutaan rupiah.

Berdasarkan informasi dihimpun, peristiwa kebakaran lahan tersebut terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 15.30 WIB. Warga dikejutkan dengan kebakaran lahan yang sudah meluas hingga nyaris mendekati komplek perumahan Alam Sari Ciawigebang.

Kebakaran lahan tersebut awalnya mendapat penanganan warga dan pemerintahan desa setempat dengan menggunakan peralatan seadanya. Namun tanpa diduga api malah semakin membesar dan jangkauan lahan yang terbakar pun semakin meluas.

Kondisi ini membuat warga menjadi panik sehingga langsung menghubungi Kantor UPT Damkar Kuningan untuk meminta bantuan. Satu tim petugas pemadam kebakaran yang tiba dengan kendaraan Damkar beberapa menit kemudian pun langsung beraksi memadamkan api. Masih dibantu masyarakat dan aparat desa serta anggota Koramil dan Polsek Ciawigebang, akhirnya api pun bisa dijinakkan pada pukul 17.30 WIB.

“Dugaan kami penyebabnya dari aktivitas pembakaran sampah warga yang ditinggalkan kemudian menyebar membakar lahan perkebunan. Beruntung api tidak sampai merembet ke pemukiman dan menimbulkan korban jiwa, namun dampaknya banyak pohon seperti jati, mangga dan bambu serta lainnya hangus terbakar yang jika dirupiahkan nilainya lumayan besar,” ungkap Khadafi selaku Plt Kepala UPT Damkar Kuningan kepada Radar Kuningan.

Khadafi pun berharap kebiasaan buruk membakar sampah sembarangan  ini bisa segera dihentikan. Pasalnya sudah banyak lahan dan hutan di Kabupaten Kuningan yang terbakar sia-sia disamping dampak buruk terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Stop bakar sampah sembarangan apalagi sengaja untuk membuka lahan. Apabila menemukan ada warga masyarakat yang melakukan pembakaran lahan atau hutan segera laporkan kepada pihak berwajib, supaya ada efek jera,” tegas Khadafi. (fik)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait