Lansia Periksa Kesehatan Gratis

DIPERIKSA: Para lansia yang tergabung dalam pengurus LLI Kecamatan Anjatan menikmati layanan pemeriksaan kesehatan gratis dari UPTD Puskesmas Anjatan, Kamis (14/3). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU
DIPERIKSA: Para lansia yang tergabung dalam pengurus LLI Kecamatan Anjatan menikmati layanan pemeriksaan kesehatan gratis dari UPTD Puskesmas Anjatan, Kamis (14/3).FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Lembaga Lanjut Usia (LLI) Kecamatan Anjatan menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis, Kamis (14/3).

Bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Anjatan, puluhan lansia dari 13 desa menikmati layanan yang diberikan oleh tim medis dari UPTD Puskesmas Anjatan.

Tak sekadar memeriksa kesehatannya, para lansia juga diajak untuk menjaga kebugaran fisik dengan mengikuti olahraga senam bersama bertempat di halaman kantor Kecamatan Anjatan.

Setelahnya, mereka dibekali siraman rohani dengan mendengarkan ceramah agama yang disampaikan Ustad Gufron SAg. “Kegiatannya cukup komplit dan memang sesuai kebutuhan kami para lansia,” ucap Ketua Pengurus LLI Kecamatan Anjatan, Agus Aliwafa.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan yaitu mengukur tekanan darah atau tensi untuk mengetahui penyakit apa yang diderita.

Di samping itu, mereka juga diberikan pengetahuan mengenai kesehatan dan mengetahui pola makan sehat seperti apa untuk lansia. “Alhamdulillah, dari hasil pemeriksaan mayoritas kesehatan teman-teman lansia cukup baik,” ujarnya.

Kegiatan ini, ungkap Agus Aliwafa baru pertama kali diadakan dan bakal diagendakan secara rutin setiap bulan sekali. Nantinya tak hanya anggota LLI, pengurus Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kecamatan Anjatan akan diikutsertakan.

“Sesuai saran Pak Camat, teman-teman PWRI juga akan dilibatkan sekaigus untuk memperkuat silaturahmi,” tandasnya.

Sebelumnya, Camat Anjatan Opik Hidayat SSos menegaskan, pihaknya akan siap membantu kebutuhan anggota LLI maupun PWRI dalam mengimplementasikan program kerja yang dimiliki.

Sehingga diharapkan, meski telah pensiun serta umur tak lagi muda, mereka tetap bisa melanjutkan pengabdian kepada daerah, nusa dan bangsa.

“Karena pada prinsipnya, setiap organisasi merupakan mitra strategis pemerintah dalam pembangunan daerah. Melaui prinsip kemitraan inilah akan terwujud sinergitas antara organisasi kemasyarakatan dengan pemerintah dalam mendukung program pembangunan,” terangnya. (kho)