Lawan Napoli, Barcelona Bisa Impresif tanpa Messi

La Liga-Serie A Cup

NAPOLI-VS-BARCELONA
JUARA: Gerrard Pique (kiri) bersama trofi La Liga-Serie A Cup. Foto: Carlos Osorio/AP

MICHIGAN – Meski tanpa Lionel Messi dan Ivan Rakitic, Barcelona mampu tampil impresif dalam ajang La Liga-Serie A Cup 2019 di Michigan Stadium, Amerika Serikat, Minggu (11/8) pagi. La Blaugrana –sebutan Barcelona- menghempaskan Napoli 4-0.

Luis Suarez menjadi bintang dengan menyumbang dua gol. Sementara dua gol lainnya disumbangkan Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann.

Pada menit 10, aksi tiki-taka Suarez dan Dembele berhasil mencapai sisi kanan kotak terlarang. Saat Suarez memberi umpan, ternyata tak ada yang menyambutnya dan mudah diamankan kiper Napoli, Alex Meret.

Di menit 22, Napoli mendapat hadiah tendangan bebas dari tepi area penalti. Namun, sepakannya hanya mengarah jauh ke sisi gawang. Selama 45 menit pertama, pelatih Barca, Ernesto Valverde dan allenatore Napoli Carlo Ancelotti lebih memilih bermain datar.

Barcelona kerap bermain ke lini tengah yang diisi Frenkie de Jong, Carles Alena dan Sergi Roberto. Sedangkan lini belakang yang diperkuat Gerard Pique, Clement Lenglet dan Jordi Alba lebih santai bermain ke arah dalam.

Gol baru terjadi saat kerja sama satu-dua antara Griezmann dengan Suarez mampu menggetarkan gawang Napoli. Sontekan Suarez disambar Griezmann dengan tembakan jarak dekat, namun bisa dihadang Meret. Suarez tak menyia-nyiakan bola rebound, yang kali ini sukses disarangkan ke gawang.

Delapan menit berselang, Griezmann menambah skor menjadi 2-0 setelah mendapatkan umpan matang dari Alba di jarak 7 meter dari kotak penalti. Dua menit kemudian, Suarez kembali memperbesar jarak lewat umpan mendatar Dembele dari sayap kanan. Sambutan itu diselesaikan Suarez dengan tembakan melengkung.

Gol Dembele di menit 63 melengkapi kemenangan Barca 4-0. Aksi individu Dembele berhasil menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti untuk dituntaskan dengan tembakan kaki kanan.

Kemenangan di Michigan menutup agenda pramusim Barca dengan sempurna. Pekan depan, Blaugrana akan melakoni laga pertama La Liga 2019/2020 menghadapi Athletic Bilbao di San Mames. (fin/tgr)