Libur Lebaran, Pengunjung Taman Banjar Meningkat

Taman-banjarr
MENINGKAT: Pengunjung Taman Banjar Bulak-Jatibarang melihat secara langsung kawanan kera sambil memberi makan dan berswafoto. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Berbeda dengan hari-hari biasanya, saat libur Lebaran pengunjung Taman Bajar Bulak-Jatibarang mengalami peningkatan cukup drastis. Taman Banjar menjadi objek wisata di Jatibarang yang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indramayu.

Pantauan Radar Indramayu, pengunjung bisa berswafoto bersama kera-kera penghuni taman sambil memberi makan kera-kera. Salah satu pengelola Taman Banjar Bulak Jatibarang, Babeh mengatakan, peningkatan pengunjung usai hari raya Idul Fitri sudah biasa terjadi. Hal itu, kata Babeh, dikarenakan banyak masyarakat lokal Indramayu yang pulang kampung dan lebih memilih untuk mengunjungi Taman Banjar untuk memberikan makan secara langsung kawanan kera penghuni taman.

“Pengunjung bisa memberi makan kera secara langsung, namun tetap kita dampingi agar lebih aman, bisa juga sembari berswafoto bersama kera,” ujarnya, kemarin, sambil mengatakan peningkatan pengunjung sampai 100 persen saat libur Lebaran.

Babeh berharap, dengan semakin meningkatnya antusiasme masyarakat Jatibarang dan Indramayu yang berkunjung bisa memacu perkembangan wisata Taman Banjar agar lebih dikenal masyarakat luas. “Meski ramainya saat perayaan hari raya besar saja, tapi minimalnya orang mengetahui Taman Banjar seperti apa, ada hal menarik apa saja di Taman Banjar, sehingga menarik mereka untuk datang,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung taman, Sugeng mengatakan, dirinya menyempatkan diri datang berkunjung ke Taman Banjar karena ingin melihat secara langsung kawanan kera. “Ingin melihat secara langsung, sambil memberi makan, sekaligus mengajarkan pada anak-anak untuk menjaga kelestarian alam, dan hewan penghuninya,” katanya. (oni)