Mahasiswa Poltekpar Prima Internasional Lakukan Pengabdian Masyarakat

ist-Prima
SIMBOLIS: Penyerahan buku bacaan untuk perpustakaan dan alat kebersihan secara simbolis dilakukan mahasiswa baru kepada Kepala Desa Cisantana, Murad SAg. FOTO: POLTEKPAR PRIMA INTERNASIONAL FOR RADAR CIREBON

CIREBON – Politeknik Pariwisata Prima Internasional menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB), beberapa waktu lalu. Kegiatan dilaksanakan di dua lokasi, yakni Kota Cirebon dan Kuningan. Kegiatan diikuti 105 mahasiswa Poltekpar Prima Internasional.

Wakil Direktur III Politeknik Pariwisata Prima Internasional, Peri Puarag SSos MSi menuturkan, kegiatan PK2MB terdiri dari beberapa kegiatan. Yakni pendidikan berupa pemaparan presentasi yang dilakukan LL Dikti tentang Kegiatan Akademik dan Mahasiswa di Perguruan Tinggi.

Lalu ada dari KPK diwakili Handayani membawa materi Sosialisasi Pencegahan & Pemberantasan Korupsi. Dari BNN diwakili Tuti Aryanti ST MKom tentang Sosialisasi Bahaya Narkoba, Arhanauds diwakili Lettu Adi Basuki STHan tentang Bela Negara.

Kemudian tentang Pengaruh Pernikahan Dini dan Penyimpangan Seksual oleh dr Wahyu Wibowo, Hansome & Beauty Class dari Wardah, dan Potensi Meledakan Potensi Diri yang dibawakan Dr Ir Abdul Basith Achmad MSc. Terakhir Dr Deece Udansyah SSos MSi tentang Akademik dan Kemahasiswaan.

“Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan di Desa Cisantana. Mahasiswa melakukan dua kegiatan yakni Abersa (Abdi Bersih Desa) merupakan kegiatan mahasiswa melakukan bersih-bersih di lingkungan desa. Dan Abasa (Abdi Cerdas Desa), kegiatan mahasiswa melakukan pengajaran bagi masyarakat Desa Cisantana,” paparnya.

Kegiatan penelitian dilakukan mahasiswa dalam acara S3RD (Student Society Sercive and Research Development). Kegiatan ini dilakukan di Desa Cisantana yang telah menjalin MoU dengan Poltekpar Prima.

Mahasiswa melakukan penelitian tentang potensi pariwisata Desa Cisantana. Mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan melakukan pengumpulan data di seluruh dusun yang ada di Desa Cisantana. Setelah data terkumpul, mahasiswa membuat presentasi dari hasil temuannya.

“Harapannya, hasil temuan digunakan sebagai data untuk pengembangan Potensi Pariwisata dan Atraksi Desa Cisantana di masa depan. Selain itu, mahasiswa diminta untuk membuat vlog dari penelitiannya,” jabarnya.

Seluruh kegiatan PK2MB mengharapkan Mahasiswa Poltekpar Prima Internasional memiliki jiwa sosial untuk ikut terlibat dalam masyarakat dan menjadi inisiator bagi perkembangan pariwisata. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa akan menjadi pelatiham juga bagi mahasiswa sebelum mereka berangkat prakerin di luar negeri. (apr/adv)

 

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait