Maksimal 27 September SK Pimpinan DPRD Kota Cirebon Turun dari Gubernur

dprd-kota-crb
DPRD Kota Cirebon

CIREBON-Berkas pengajuan Surat Keputusan (SK) Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon sudah disampailkan ke gubernur terhitung, Selasa (10/9). Lalu kapan SK itu akan turun ke Kota Cirebon dan Pimpinan DPRD akan dilantik definitif?

Informasi yang dihimpun Radar Cirebon, Pemkot melalui Bagian Pemerintahan bersama bagian perundang-undangan DPRD tanggal 10 September 2019 datang ke Bandung untuk menyerahkan berkas pengajuan SK pimpinan DPRD. Hanya saja belum jelas sampai kapan SK itu akan turun ke Kota Cirebon.

Namun mengacu aturan yang berlaku, ada waktu 14 hari hari kerja kalender bagi untuk gubernur untuk memproses SK tersebut, dan bila dihitung tanggal 27 September mestinya SK tersebut paling ambat turun ke Cirebon.

Asisten Pemerintahan Pemkot Cirebon Drs Sutisna MSi menjelaskan, pengajuan SK pimpinan DPRD ke gubernur melalui walikota, danm SK itu saat ini sudah diproses, dimulai tanggal 10 September  dikirim ke Bandung oleh bagian pemerintahn dan bagian perundang undangan setwan.

“Persyaratan pengajuan SK pimpinan DPRD tidak serumit persyaratan pelantikan caleg terpilih sebagai anggota DPRD, karena statusnya sudah mejadi anggota DPRD dan hanya dilampirkan surat dari masing masing partai politiknya,” katanya kepada Radar Cirebon.

Karena sudah diajukan, kata Sutisna, Pemerintah Kota Cirebon tinggal menunggu selama 14 hari kalender. Tetapi dengan perkiraan 27 September adalah waktu maksimal dan bisa dilaksanakan pelantikan.

Ketua DPRD terpilih, Affiati AMa mengaku, berusaha untuk belajar sebagai pimpinan dewan. Salah stau upaya yang dilakukan adalah dengan banyak bertanya kepada pimpinan dewan yang sebelumnya menjabat. Baginya, dirinya mesti banyak bertanya dan belajar, apalagi menjadi anggota dewan apalagi sebagai Ketua DPRD tidak pernah diprediksi sebelumnya. “Persiapannya paling hanya sering bertanya dan belajar dengan anggota dewan sebelumnya,” kata Affiati. (abd)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait