oleh

Manjakan Penumpang, BRT/Bus Trans Cirebon Tawarkan Fasilitas

CIREBON–Bus Rapid Transit (BRT) telah diterima Dinas Perhubungan (Dishub) sejumlah 10 unit. Tahun ini juga, armada bus tersebut bakal dioperasikan.

BRT merupakan cikal bakal transportasi masal di Kota Cirebon. Secara lay out interior, memang didesain mampu menampung puluhan penumpang. Di tengah-tengahnya disediakan pegangan tangan. Setiap BRT juga telah dilengkapi pendingin udara dan televisi.

“BRT menawarkan pelayanan lebih dibanding angkutan umum lain. Fasilitasnya ada AC ada TV. Ditargetkan semuanya berjalan tahun ini,” ujar Kepala Seksi Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek dan Angkutan Barang Dishub Kota Cirebon Dasita kepada Radar Cirebon.

Disebutkan dia, semua hal yang berkaitan dengan operasional BRT sedang dipersiapkan. Mulai dari kajian lintasan, perizinan, plat nomer dan STNK, hingga penyediaan halte. Seperti diketahui, lima unit tambahan BRT telah tiba di halaman parkir kantor dishub, Kamis malam (22/8).

Tambahan lima unit BRT yang didatangkan dari Semarang itu, melengkapi lima unit lainnya yang diserah terimakan di Gedung Sate, Kota Bandung, hampir setahun yang lalu. Itu juga menjadi realisasi dari janji Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggenapi jumlah armada transportasi masal berbasis bus, menjadi 10 unit.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon Ir H Yoyon Indrayana MT menginginkan, tahun ini BRT dapat beroperasi. Langkah pertama yang ia tempuh ialah berkonsultasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangungan (BPKP), Senin (23/8). Lewat BPKP, dishub akan meminta asistensi terkait dengan rencana operasional BRT. Sebab, untuk mengopersikan BRT tidak bisa dilakukan secara langsung oleh dishub.

Selain itu, pihaknya juga telah merencanakan pembangunan infrastruktur BRT dengan anggaran Rp600 juta. Dalam anggaran itu, terdapat komposisi diantaranya untuk pembangunan halte, pelatihan pengemudi, launching hingga persiapan lainnya. “Infrastruktur pendukung seperti halte harus ada sebelum beroperasi. Juga survei rute, pelatihan sopir, trial,” tukas Yoyon. (ade/awr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed