Martabak Apin, Topping Rendang Bikin Nendang

Martabak-Apin-(3)
MENU BARU: Martabak Apin disuguhkan dengan cara berbeda. Toppingnya berisi rendang dan disiapkan saus mayones. FOTO: APRIDISTA SITI RAMDHANI/RADAR CIREBON

MARTABAK nampaknya telah menjadi makanan yang disukai oleh siapa saja. Martabak terdiri dari dua jenis, yaitu martabak manis dan martabak telur (asin). Umumnya, adonan martabak manis memang sangat berbeda dengan martabak asin. Martabak manis memang lebih empuk dibandingkan martbak asin.

Namun, ada inovasi yang berbeda dari martabak manis ini. Dibuat dengan adonan martbak manis, Martabak Apin mampu menyuguhkan cita rasa yang berbeda. Jika biasanya martabak dengan adonan tebal tebruat dari terigu, telur, dan gula tersebut diisi dengan topping yang manis, kali ini martabak tersebut diberi topping daging rendang.

Owner Martabak Apin, Lina mengatakan, martabak rendang mayones ini merupakan menu baru di Martabak Apin.

Adonan martabak manis pun ia inovasi. Gula yang digunakan diganti oleh lada hitam agar adonan terasa pedas dan asin. Setelah adonan setengah matang ditaburi potongan daging rendang, tak lupa parutan keju quick melt pun ditaburkan di atasnya.

“Rasanya nyatu, teksturnya sama seperti martabak manis, tapi ini asin. Ngebland deh sama daging rendang dan kejunya,” tuturnya.

Setelah beberapa menit, sebelum martabak dihidangkan, kata Lina, terlebih dahulu keju quick melt tersebut dibakar kembali sehingga meleleh di atasnya. Tak lupa, untuk menikmati menu ini, Martabak Apin pun memberikan cocolan khusus berupa saus mayones keju yang diracik sendiri dengan beberapa bumbu rahasia khas Martabak Apin.

“Harga satu porsi martbaknya Rp 60 ribu, untuk tambahan saus dikenakan harga Rp 5 ribu,” ungkapnya.

Menurutnya, martabak ini sangat nikmat disantap hangat-hangat. Namun, jangan khawatir, martabak rendang mayones juga tetap nikmat disantap ketika esok harinya.

“Martabak yang bagus itu akan tetap enak ketika dimakan keesokan hari. Martabak Apin juga seperti itu. Tekstur martabaknya pasti tetap empuk meski dimakan esok hari,” tukasnya. (apr)