Mau ke Sawah, Petani Temukan Mayat Bayi

Sesosok mayat bayi ditemukan di Sungai Cipada, Blok Singajaya, RT 03 RW 04, Desa Pageraji, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Senin (19/11). FOTO: ONO SURONO/RADAR MAJALENGKA
Sesosok mayat bayi ditemukan di Sungai Cipada, Blok Singajaya, RT 03 RW 04, Desa Pageraji, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Senin (19/11). FOTO: ONO SURONO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA-Sesosok mayat bayi ditemukan di Sungai Cipada, Blok Singajaya, RT 03 RW 04, Desa Pageraji, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Senin (19/11).

Kapolsek Maja Iptu Mulyono mengungkapkan mayat bayi perempuan itu ditemukan sekitar pukul 08.30 WIB. Pihaknya menerima laporan dari masyarakat yang melihat ada bayi di pinggir sungai yang airnya mengalir tidak begitu besar.

Mayat bayi ini pertama kali ditemukan oleh seorang warga setempat, Saroh (50) yang hendak pergi ke sawah. Kebetulan dia melintasi sungai tersebut. Ketika melintas dia mencium bau busuk dan ternyata di pinggir sungai ada mayat bayi. Begitu melihat jasad bayi, Saroh segera memberitahu warga yang kediamannya tidak jauh dari TKP yakni Dede Budiman (56). “Mereka langsung melaporkan kejadian ini kepada perangkat desa dan pihak kepolisian,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter Puskesmas Maja dan Inafis Polres Majalengka diperkirakan telah meninggal dunia sekitar 3 hari. Karena, saat ditemukan warga, bayi sudah dalam kondisi membusuk.

Dari hasil pemeriksaan tim medis juga, mayat bayi tersebut berjenis kelamin perempuan dengan tinggi 63 centimeter, dan panjang ari-ari 60 centimeter. Saat ditemukan tali pusar jabang bayi masih melekat di perutnya dan ada luka lecet pada bagian dahi.

“Berdasarkan olah TKP, kami terus menyelidiki. Belum diketahui bayi malang tersebut apakah warga setempat atau orang luar yang sengaja dibuang ke sungai ini,” kata Mulyono. (ono)