Melanie Putria-Angga Jalani Sidang Cerai,  Masih Serumah

Melanie-Angga
Melanie Putria dan Angga. Foto: Kolase

SETIAP orang ingin memiliki pernikahan yang bahagia dan langgeng selamanya. Tapi sayangnya tak semua pasangan bisa mempertahankan biduk pernikahan dengan berbagai alasan. Demikian pula dengan rumah tangga Melanie Putria dengan Angga vokalis Maliq D’Essentials.

Putri Indonesia 2002 itu menggugat Angga pada Desember 2018 lalu di Pengadilan Agama Jakarta Barat. Siapa sangka, pasangan suami istri yang sudah delapan tahun bersama ini tidak pernah terdengar bermasalah justru mengalami keretakan.

Kini keduanya telah menjalani sidang perdana perceraian mereka di Pengadilan Agama Jakarta Barat, Selasa (8/1). Kepada awak media Melanie Putria mengaku bahwa tak pernah membayangkan jika rumah tangganya akan hancur seperti saat ini.

“Ya tidak ada satu pun pasangan yang menginginkan untuk berpisah. Enggak ada pasangan yang punya mimpi untuk gagal, sama kayak aku dan Angga,” kata ibu satu anak ini usai sidang perdana di Pengadilan Agama Jakarta Barat, Selasa (8/1).

Meski rumah tangganya sedang di ujung tanduk, Melanie Putria mengaku hubungannya dengan Angga tetap berjalan baik. Bahkan keduanya masih tinggal satu atap dan melakukan kegiatan bersama seperti biasanya.

“Kita masih satu rumah kok. Masih baik-baik banget, kita masih pergi bareng-bareng, bertiga sama Sheemar (putra semata wayang Melanie dan Angga),” katanya.

Menurut Melanie, hubungan mereka yang masih berjalan baik bisa dilihat dari unggahan mereka di media sosial yang tetap menunjukkan kebersamaan dan kekompakan. “Mungkin kalau dilihat akun media sosial kita, kita masih banyak banget momen bersama liburan bareng,” ujar Melanie.

Melanie membantah bahwa usai melayangkan gugatan cerai hubungan mereka renggang dan terjadi konflik antara keduanya. “Kita masih seperti biasa enggak ada yang berbeda dan berubah. Jadi kalau ada gambaran atau anggapan konflik atau apa, itu nggak ada sama sekali,” kata perempuan 36 tahun ini.

Dijelaskan Melanie, ia memutuskan bercerai bukan karena orang ketiga atau kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), melainkan sudah tidak satu pemahaman lagi dalam menjalani rumah tangga. Melanie dan Angga pun akhirnya sepakat untuk berpisah.

“Ketika pernikahan sudah menemukan satu ketidaksamaan lagi antara satu dan lainnya, kita bicara di sini visi dan misi atau pandangan dalam hidup, nah ada baiknya memang pasangan tersebut berpisah,” jelasnya.

Tidak lantas Melanie memutuskan bercerai tanpa berpikir panjang. Melanie dan suaminya telah membicarakannya dengan matang untuk menyudahi pernikahan mereka.

“Sudah melewati berbagai hal tadi yang sudah saya bilang. Jadi minta didoakan saja semoga ini yang terbaik buat aku dan Angga, tapi bukan cuma buat kami berdua, tapi Sheemar juga. Itu yang lebih penting bagi kami,” tutur Melanie.

Melanie tidak menampik bahwa masih terlintas di lubuk hatinya untuk rujuk dengan sang suami. Namun ia sudah pasrah dengan kehendak Sang Khaliq. Mereka pun sudah siap menerima konsekuensinya.

“Sampai hari ini masih terbuka niatan untuk rujuk, kembali baik-baik, tapi balik lagi semuanya yang mengatur Allah. Dari saya, Angga, kita berdua sepakat untuk mengambil keputusan ini melalui banyak sekali pertimbangan, pemikiran yang banyak mempertimbangkan konsekuensi dan risiko,” ujarnya.

Kendati tekadnya bercerai sudah bulat, lanjut Melanie, tidak menutup kemungkinan mereka kembali rujuk. “Kami berdua sepakat bahwa ini adalah yang terbaik untuk bukan cuma buat aku, Angga, tapi juga untuk si kecil Sheemar. Tapi masih terbuka kemungkinan untuk rujuk? Pasti, masih terbuka sampai hari ini,” lanjutnya.

Melanie masih enggan membeberkan lebih detil permasalahan rumah tangganya hingga keduanya tidak sejalan lagi. Tapi Melanie menganggap hal itu sangat pribadi, sehingga ia tidak ingin mengabarnya kepada publik.

“Kalau bicara detailnya mohon maaf banget aku nggak bisa ceritakan karena ini masalah internal, privasi kami berdua jadi kami mohon teman-teman bisa menghargai itu dan mengerti betul bahwa ini saat yang sakit buat aku dan Angga juga si kecil,” katanya.

“Melanie juga mohon teman-teman beri support, bantu doa. Tolong beritakan informasi yang positif, menyejukkan hati dan menenangkan karena udah pasti semua hal itu akan memudahkan dan membantu aku, Angga dan Sheemar,” pungkasnya.

Rencananya, sidang perceraian lanjutan Melanie dan Angga akan digelar kembali pada 22 Januari 2019 dengan agenda pembuktian dan saksi-saksi.

Setelah terpilih menjadi Putri Indonesia 2002, Melanie Putria memulai banyak kegiatan, di antaranya kegiatan sosial untuk anak dan para penderita HIV/AIDS. Melanie juga mengunjungi Candi Borobudur di Jawa Tengah bersama-sama dengan Miss Universe Oxana Fedorova. Melanie dan Oxana juga bertemu dengan Presiden Indonesia Megawati Soekarnoputri di Istana Negara.

Melanie dan Angga Puradiredja disatukan dalam pernikahan pada 2010 lalu. Dari pernikahan itu, Melanie dan Angga dianugerahi seorang anak bernama Sheemar Rahman Purwadireja yang lahir pada 28 Januari 2011.(dim/din/fin)