Minat Baca Masyarakat Cirebon Meningkat, Nih Buktinya

MINAT BACA: Seorang pengunjung membaca koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Kabupaten cirebon.Foto: Cecep/radarcirebon.com

CIREBON – Meskipun Smartphone memengaruhi gaya hidup, tetapi minat baca masyarakat di Kabupaten Cirebon meningkat. Hal itu seiring meningkatnya kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Cirebon.

“Untuk tahun ini minat baca masyarakat di perpustakaan Kabupaten Cirebon meningkat. Dari target 17 ribu pengunjung per Oktober, sekarang sudah mencapai 19 ribu pengunjung. Artinya, meningkat sampai 111,7 persen,” ujar Harcan, Kasi Layanan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Senin (27/11).

Meningkatnya pengunjung atau minat baca masyarakat ini karena berbagai upaya layanan Perpustakaan Kabupaten Cirebon dilakukan. Salah satunya menjadikan Perpustakaan Kabupaten Cirebon sebagai sentral kegiatan.

Beberapa kegiatan yang diinisiasi Perpustakaan Kabupaten Cirebon di antaranya kelas merajut, kelas tari. Tidak hanya itu saja, untuk menarik para pengunjung, perpustakaan juga memasang WiFi gratis.

“Kita juga dari hari Selasa, Rabu, Kamis pasti ada kunjungan dari SMP yang ada di Kabupaten Cirebon. Kita berikan edukasi tentang pentingnya membaca. Dan banyak juga pengunjung pelajar maupun mahasiswa yang mengerjakan tugas di sini,” kata Harcan.

Selain itu, untuk meningkatkan minat baca, perpustakaan menyediakan mobil keliling. Perpustakaan keliling itu difokuskan untuk sekolah yang ada di wilayah pinggiran, seperti Losari, Waled, Kapetakan, Kaliwedi, Gegesik dan lainnya.

“Kita punya dua armada mobil setiap pagi. Setiap Senin sampai Kamis terjadwal untuk berkeliling ke setiap sekolah yang ada di Kabupaten Cirebon,” sebut Harcan. (cecep)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait