Minim Antisipasi, Warga Khawatir Jadi Korban Pohon Tumbang

ILUSTRASI

CIREBON-Menyusul banyaknya pohon tumbang di sejumlah wilayah, warga mulai khawatir. Mengingat banyaknya pohon tua yang kurang perawatan. Ketua RW 10 Samadikun Selatan, Kota Cirebon Lukman Santoso mengatakan, di sekitar permukiman ada dua pohon angsana yang berada depan Gang 8.

Di sepanjang Jl Kapten Samadikun, juga ada beberapa pohon besar berusia tua dan tanpa perawatan. “Kita khawatir, kalau dibiarkan akan tumbang. Di sini termasuk jalur ramai,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Dijelaskannya, pohon berjenis angsana yang berada di sepanjang jalan itu ditanam saat ada program ABRI masuk desa, puluhan tahun lalu. Dan selama itu pula jarang perawatan. Meski secara kewenangan menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR).

Dari pantauan lapangan, kondisi pohon-pohon ini terbilang kurang baik. Di beberapa titik ada yang kondisi akarnya menembus trotoar. Warga lainya, Jupri juga waswas saat melintas di beberapa titik jalan yang langganan terjadinya pohon tumbang.

Khusunya di Jl Pemuda, Jl Cipto Mangunkusumo, Jalan Kapten Samadikun, Jl Yos Sudarso, Jl Bahagia, Jl Ahmad Yani dan Jl Perjuangan. Warga Jalan Bahagia itu berharap ada pengawasan dan pengecekan terhadap pohon yang berpotensi tumbang. “Pastinya waswas. Sewaktu-waktu bisa saja jadi korban,” ucap dia.

Sementara itu, Supervisor Pengendalian dan Operasi Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon Aji Akbar mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi bencana di sekitar lingkungan. Terlebih saat ini kerap terjadi cuaca buruk yang berpotensi menyebabkan bencana banjir dan angin kencang dan pohon tumbang. “Masyarakat diharapkan lebih waspada. Apalagi kalau hujan besar dan angin kencang,” ucapnya. (awr)