Modal Menuju Seleknas

JUARA: Hendri Kusuma (kedua kanan) foto sebelum laga final kelompok SMA putra Disdik Cup 2019 di Sport Hall Bima, Kota Cirebon.FOTO: TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

CIREBON – Hendri Kusuma merebut gelar juara pertama kelompok SMA putra Kejuaraan Tenis Meja Pelajar Kota Cirebon Disdik Cup 2019. Siswa SMAN 4 Kota Cirebon itu menaklukkan wakil SMAN 6 Kota Cirebon, Hiero Aji Priawan, dengan skor telak 3-0 pada babak final di Sport Hall Bima, akhir pekan lalu.

Hendri salah satu rising stars. Hiero yang hijrah dari Kalimantan Timur, tahun lalu, sebetulnya lebih diunggulkan. Eks petenis Kaltim di Pekan Olahraga Nasional (Popnas) 2017 itu menempati unggulan pertama pada Disdik Cup perdana tahun ini. Namun, performa Hendri lebih konsisten hingga akhir turnamen.

Singgih Prasetyo, sang pelatih, mengatakan, kemenangan Hendri di final sudah diprediksi sebelumnya. Dia merasa, saat ini kualitas Hendiri berada di atas rata-rata petenis putra Kota Udang di sektor pelajar. “Sejak awal, target kita memang juara,” ujar pelatih Klub Tenis Meja Atyanta Cirebon tersebut.

Hendri satu-satu wakil Cirebon yang dipanggil Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) pada Seleksi Nasional (Seleknas) Junior, 20-21 Juli lalu. Pada perhelatan di Bywalk Pingpong Center, Pluit, Jakarta Utara, tersebut, Hendri finis di peringkat delapan.

Oktober mendatang, dia masih punya kesempatan untuk mengikuti seleknas tahap kedua yang kembali digelar PB PTMSI di Jakarta. “Saya coba mempersiapkan diri lebih baik lagi sebelum seleknas. Ikut turnamen seperti Disdik Cup ini sekaligus untuk pemanasan,” kata Hendri.

Sementara itu, selain kategori SMA putra, dipertandingkan pula kategori SMA putri, SMP putra/putri dan SD putra/putri pada Disdik Cup 2019. Chantieqoe Kezia Pattiwael (SMA Putra Bangsa) jadi pemenang kategori SMA putri usai mengalahkan Amelia Fitriyani (SMAN 7).

Pada kelompok SMP Putra, dua petenis asal SMPN 4 Kota Cirebon berhadapan di final. Abenatha Raditya Putra keluar sebagi juara pertama setelah mengalahkan Alif Muhammad Akbar. Sementara pada kategori SMP putri, juara satu direbut Devi N (SMPN 2 Kota Cirebon) yang mengalahkan Alya Levia (SMPN 4 Kota Cirebon).

Terakhir, pada kategori SD putra, Fathir Rizki Khairi (SDN Kebon Melati) memenangi laga final kontra Muhamad Nafis Muzzaki dari SDN Karyawinaya. Sementara pada kategori SD putri, juara pertama direbut Siska dari SDN 3 Kesambi Dalam yang mengalahkan Naula Carla Lee Yona (SDN 1 Kebon Baru).

Ketua Klub Olahraga Pelajar (KOP) Tenis Meja Kota Cirebon, Eddy Pattiwael mengatakan, para juara turnamen ini akan masuk database atlet. Tidak hanya KOP dan Disdik, tapi juga PTMSI Kota Cirebon. “Turnamen ini bagian dari program pembibitan atlet PTMSI,” ujar pria yang juga menjabat Ketua Harian II PTMSI Kota Cirebon. (ttr)