Mulan Jameela Melenggang ke Senayan

Mulan-Jameela
Mulan Jameela.

PENYANYI Mulan Jameela akhirnya ditetapkan sebagai anggota DPR terpilih periode 2019-2024. Istri Ahmad Dhani ini melenggang ke Senayan berdasarkan surat keputusan KPU nomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019. Dalam surat itu, KPU menetapkan Mulan sebagai anggota DPR terpilih dengan perolehan suara sebanyak 24,192 suara di Dapil Jawa Barat XI. Hal ini pun dibenarkan oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

“Partai Gerindra menjalankan putusan PN Jakarta Selatan yang bersifat final dan mengikat karena sudah inkrah dan setelah persyaratan administrasi dipenuhi, maka keputusan pelaksanaan keputusan pengadilan dilaksanakan KPU,” ujar Dasco kepada wartawan, Sabtu (21/9).

Lolosnya Mulan Jameela, sebagai tindak lanjut dari putusan hakim Pengadian Negeri (PN) Jakarta Selatan yang mengabulkan gugatan perdata Mulan Jameela dan 8 caleg Partai Gerindra.

Hakim menyatakan tergugat I dan II dalam hal ini Dewan Pembina dan DPP Partai Gerindra berhak melakukan langkah administrasi internal yang dianggap dituntut oleh para penggugat (Mulan Jameela cs) guna memastikan penetapan para penggugat sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra.

Dalam putusan tersebut, Mulan menggantikan dua caleg Gerindra yang sebelumnya dinyatakan lolos dari Daerah Pemilihan Jawa Barat (Dapil Jabar) XI, yakni Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi.

Selain itu, keputusan KPU itu juga menukar tiga caleg Gerindra dari tiga dapil berbeda yang lolos ke Senayan. Mereka adalah Sugiono yang menggantikan Sigit Ibnugroho Sarasprono sebagai caleg terpilih dari Dapil Jawa Tengah I, Katherine A. OE yang menggantikan Yusid Toyib sebagai wakil dari Dapil Kalimantan Barat I, serta Yan Permenas Mandenas pengganti Steven Abraham sebagai caleg terpilih dari Dapil Papua.

Sementara itu, Ervin Luthfi, calon anggota DPR RI yang digantikan Mulan Jameela juga telah membenarkan surat tersebut. Ia telah menerima surat yang berisi jika dirinya akan digantikan oleh Mulan Jameela. “Iya betul ada surat itu (penggantian posisi oleh Mulan Jameela),” ucapnya saat dihubungi, Sabtu (21/9/2019). Ervin belum bisa berkomentar banyak saat ditanya tanggapan terkait surat pergantian tersebut. (dal/fin)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait