Musim Hujan Tetap ke Posyandu

ANTUSIAS: Ibu-ibu di Gang Manggis, Desa Kopyah Kecamatan Anjatan membawa anak balitanya ke Posyandu Mawar V, Kamis (14/3). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU
ANTUSIAS: Ibu-ibu di Gang Manggis, Desa Kopyah Kecamatan Anjatan membawa anak balitanya ke Posyandu Mawar V, Kamis (14/3).FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Musim penghujan tak menyurutkan ibu rumah tangga (IRT) di Desa Kopyah, Kecamatan Anjatan untuk datang ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Seperti terlihat di Gang Manggis RT 01/04, Kamis (14/3).

Kendati cuaca tak mendukung diwarnai hujan, mereka antusias membawa serta anak-anaknya yang masih berusia di bawah lima tahun (balita) ke Posyandu Mawar V.

Petugas dari UPTD Puskesmas Anjatan dan kader Posyandu menyambut kedatangan warga dengan penuh sumringah.

Dengan sigap, mereka melakukan penimbangan berat badan balita sekaligus pemberian imunisasi yang dibutuhkan.

Kepala UPTD Puskesmas Anjatan, H Aco Sudiarto SKM mengatakan, kesadaran ibu-ibu di Desa Kopyah cukup tinggi untuk membawa anaknya datang ke Posyandu. Tak terkecuali saat musim penghujan seperti ini.

“Malah kalau musim penghujan seperti sekarang ini, ibu-ibu tambah semangat datang ke Posyandu. Sekalian periksa kesehatan anak-anaknya,” ucapnya didampingi perawat UPTD Puskesmas Anjatan, Hj Rita Indah AMKep.

Dijelaskannya, kegiatan Posyandu merupakan program rutin bulanan. Tidak hanya di Desa Kopyah, tapi juga desa lainnya di wilayah kerja UPTD Puskesmas Anjatan.

“Layanan yang diberikan antara lain timbang badan anak balita, imunisasi maupun pemberian makanan gizi tambahan,” katanya.

Dalam pelaksanannya, lanjut Aco, dibantu kader Posyandu serta pamong desa yang memberikan pengumuman sekaligus sweeping ke rumah-rumah warga mengajak untuk ke Posyandu. (kho)