Nah Loh, Azis Dukung Jokowi-Ma’ruf, Demokrat Tetap Dukung Prabowo-Sandi

Walikota Cirebon, Nasrudin Azis

CIREBON-Mengejutkan. Nashrudin Azis akhirnya memilih jalan lain. Walikota Cirebon itu memilih untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 17 April 2019. Sikap yang berbeda dengan partainya, Demokrat, yang mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Surat undangan ‘Deklarasi Nashrudin Azis Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin’ sudah beredar sejak Jumat (18/1). Dalam surat itu disebutkan deklarasi digelar pagi ini pukul 09.00 di Hotel Verse Jl Tuparev, Kedawung, Kabupaten Cirebon. Azis sendiri yang menandatangani surat undangan tersebut.

Jumat malam (18/1), Azis sulit dihubungi untuk konfirmasi terkait kebenaran undangan deklarasi yang sudah beredar ke berbagai grup WhatsApp itu. Tapi, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cirebon M Handarujati Kalamullah membenarkan sikap Azis tersebut.

Andru- sapaan M Handarujati Kalamullah- mengaku sudah mengonfirmasi langsung Azis. “Iya Mas. Saya langsung telepon Pak Azis dan beliau membenarkannya dan menegaskan sikap itu adalah sikap pribadinya,” jelasnya dihubungi Radar Cirebon, Jumat malam (18/1).

Sikap dan dukungan Azis, kata Andru, bisa dipahami dalam kapasitas pribadi. Bukan sikap resmi Partai Demokrat. Andru juga mengerti, sebagai kepala daerah, sangat resisten terhadap tekanan-tekanan dari berbagai pihak.

Ia menegaskan, sikap DPC Partai Demokrat Kota Cirebon tetap fatsun pada keputusan DPP untuk tetap pada barisan Prabowo-Sandi. “Saya sebagai ketua DPC Partai Demokrat, tidak diajak bicara mengenai hal ini,” ungkapnya.

Dan fatsun ini juga, lanjut Andru, kembali ditegaskan oleh Ketua DPP Partai Demokrat Herman Haeron. Terkait sikap Azis, DPP akan membahasnya kemudian hari sesuai perkembangan lebih lanjut. “Itulah politik, tidak ada yang pasti dan tidak mungkin. Seperti surat suara pilpres berwarna abu-abu, karena politik juga abu-abu,” ucap Andru.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Kota Cirebon Cicip Awaludin menyambut baik deklarasi ini. Ia memuji sikap Azis dalam memilih calon presiden dan cerdas membaca situasi serta peluang yang berkembang saat ini. “Saya sangat senang mendengar Pak Azis menyuarakan dukungan terbuka,” ujar Cicip yang juga anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon ini.

Justru, kata dia, hal ini menunjukkan Azis memperhatikan dan memikirkan aspirasi masyarakat Kota Cirebon, yang menginginkan Jokowi-Ma’ruf menjadii presiden dan wakil presiden. Cicip juga meyakini, Azis mempunyai sifat kenegarawanan, dengan melihat aspirasi pilihan masyarakat untuk pilpres yang akan datang. Makanya, Azis dengan segala risikonya berani mengambil sikap tersebut.

“Kami juga berharap dengan hal ini, untuk anggota dan simpatisan Partai Demokrat di Kota Cirebon agar bisa mengikuti jejak langkah Pak Azis mendukung Jokowi-Ma’ruf. Sepengetahuan saya, Partai Demokrat juga membebaskan kader-kadernya untuk memilih. Insya Allah saya juga datang pada acara deklarasi itu,” pungkasnya. (gus)