Nah Loh, Bawaslu Jabar Sebut KPU Kabupaten Cirebon Ceroboh, Ini Sebabnya

ilustrasi

Pihaknya akan mendalami Standar Operasional Prosedur (SOP) dari KPU Pusat dalam menentukan gudang logistik. “Ini penting untuk kita telusuri, yakni terkait SOP yang diterapkan oleh KPU RI. Kenapa kemudian antara gudang kabupaten/kota ini kondisinya berbeda. Contoh misalkan dalam hal pemberian alas palet yang di bawah untuk tempat penyimpanan kotak suara. Di Cirebon ini tidak ada, sedangkan di beberapa kota/kabupaten lainnya ada,” tuturnya.

Kotak-kotak suara berbahan karton rusak akibat terendam air di gudang yang disewa KPU di Plumbon. KPU kini berupaya memindahkan kotak suara yang tak rusak ke gudang lain. FOTO:ILMI YANFA’UNNAS/RADAR CIREBON
Kotak-kotak suara berbahan karton rusak akibat terendam air di gudang yang disewa KPU di Plumbon. KPU kini berupaya memindahkan kotak suara yang tak rusak ke gudang lain.
FOTO:ILMI YANFA’UNNAS/RADAR CIREBON

SOP tersebut nantinya akan dicocokkan dengan langkah KPU Kabupaten Cirebon dalam menentukan gudang logistik. “Ini menjadi catatan kita terkait pelaksanaan SOP. Selanjutnya, kita melihat dari sisa logistik yang masih bisa diselamatkan, ini penting untuk ditempatkan ke gudang yang lebih menjamin tidak akan terjadi kerusakan akibat hujan,” tegasnya.

Zaki sangat menyayangkan kecerobohan KPU Kabupaten Cirebon yang tidak memperhitungkan secara matang dalam menentukan lokasi gudang logistik. “Dari awal memang mestinya sudah diperhitungkan bagaimana kondisi gudang, terutama di tengah situasi hujan. Yang kedua, saya pikir untuk di Cirebon ini penting diberikan alas untuk kotak suara di bawahnya berupa palet,” bebernya.

Pihaknya juga ingin memastikan bahwa semua kotak suara yang mengalami kerusakan bisa segera diganti oleh KPU. “Kita akan telusuri lebih lanjut terkait jumlah pasti logistik yang rusak, lalu merekomendasikan untuk pindah lokasi gudang yang lebih menjamin tidak akan terjadi kerusakan, dan yang ketiga langsung melanjutkan proses pengawasan terkait proses penggantian kotak suara yang saat ini rusak. Ini menyangkut kecepatan respons dari KPU itu sendiri untuk melakukan proses pergantian,” tuturnya.

Halaman: 1 2 3 4

Berita Terkait