Nasihati Anak Lewat Cerita

Artika Sari Devi

MENGAJARKAN nilai-nilai positif kepada anak lebih mudah bila disampaikan lewat cerita. Pola itu yang diterapkan Artika Sari Devi kepada dua buah hatinya, Sarah Abiela Ibrahim (7) dan Dayana Zoelie Ibrahim (3). Puteri Indonesia 2004 tersebut kerap mendongeng saat menemani anak-anaknya sebelum tidur.

Lewat tokoh-tokoh dalam cerita dongeng, istri musisi Baim itu memberikan gambaran mana sifat baik dan mana yang tidak boleh dilakukan. “Seperti mengakui kesalahan dan meminta maaf, harus rukun dengan adik, suka menolong, kebiasaan menggosok gigi, dan macam-macam lainnya,” urai Artika saat ditemui di Jakarta.

Saat mendongeng pun, ada interaksi. “Apalagi, anak-anak sekarang makin kritis. Banyak pertanyaan. Dan itu bagus untuk melatih nalar mereka,” tuturnya. Bukan hanya Artika atau Baim yang mendongeng, pasangan itu juga melatih anak-anak untuk membuat cerita dongeng sendiri. Terutama, Abbey, panggilan si sulung, yang sudah bisa membaca.

“Abbey sudah bisa dongengin Zoe kalau saya belum pulang,” ujar Artika sambil mengelus rambut Abbey yang duduk di sampingnya. Kegiatan mendongeng, lanjut perempuan yang bulan ini menginjak usia 37 tahun tesebut, bisa menjadi sarana komunikasi dan menguatkan bonding keluarga. (nor/c7/oki)