Ngabuburit, Jalan Depan Pasar Ciputat Macet

Tampak keramaian terjadi di jalan Pasar Ciputat yang didominasi warga pengendara motor untuk ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa. FOTO:MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN
Tampak keramaian terjadi di jalan Pasar Ciputat yang didominasi warga pengendara motor untuk ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.FOTO:MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN–Suasana ngabuburit atau menunggu saat berbuka puasa, membuat jalan raya di sekitar Pasar Desa Ciputat Kecamatan Ciawigebang macet. Kemacetan terjadi karena banyak pengendara motor yang keluar dari berbagai desa di Ciawigebang untuk berbelanja makanan takjil di pasar tersebut.

Pantauan Radar Kuningan, ratusan pengendara motor menumpuk di jalan penghubung antara Kuningan menuju Ciledug Kabupaten Cirebon. Kemacetan diperparah dengan banyaknya para pedagang makanan yang berjejer di pinggir jalan yang dikerumuni para pembeli untuk keperluan berbuka puasa.

Abdul Majid (36), salah seorang warga Ciawigebang yang saat itu sedang membeli makanan untuk berbuka puasa di Pasar Ciputat, mengaku kondisi macetnya Jalan Ciputat sebenarnya sudah biasa terjadi pada jam-jam tertentu. Namun demikian, ia pun mengatakan kemacetan jalan itu akan semakin parah saat sore di waktu ngabuburit pada setiap bulan Ramadan. “Di sini mah sudah biasa macet Pa. Apalagi waktu ngabuburit, parah banget macetnya. Banyak motor yang lewat ke sini, kayaknya ngabuburit juga,” tutur Majid.

Kendati demikian, sebagai warga Ciawi yang sudah lama menyaksikan kondisi keramaian di seputar Pasar Ciputat, Majid justru mengaku senang karena suasana keramaian di Jalan Raya Pasar Ciputat membuat perekonomian di sana kian maju. Terlebih pasar tersebut bukan merupakan pasar pemerintah daerah, melainkan hanya pasar desa yang dikelola oleh desa setempat.

“Kalau rame seperti ini, bagi saya pribadi justru ini tanda geliat ekonomi masyarakat di sini sangat tinggi. Ini juga sebagai bukti warga Ciawi bisa menghidupkan pasar dengan baik, tidak kalah dengan hadirnya banyak swalayan,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pengendara motor asal Cidahu Abdul Kholik mengatakan, kemacetan jalan Pasar Ciputat sudah terjadi setiap sore di bulan puasa. Ia mengungkapkan faktor kemacetan didominasi banyaknya warga yang melintas menggunakan kendaraan bermotor untuk kegiatan ngabuburit. “Untuk ngabuburit itu kan tidak hanya nongkrong di suatu tempat, banyak juga yang jalan-jalan sore menggunakan motor. Nah ini yang terjadi di Ciawigebang. Kayaknya di daerah lain juga sama,” kata Kholik.

Selain di Jalan Ciawigebang, kondisi serupa juga terpantau di wilayah Kuningan timur lainnya. Seperti di pertigaan Kojengkang serta di seputar Jalan Cidahu. Rata-rata keramaian didominasi para pengendara motor yang melintas guna menunggu waktu berbuka puasa sambil ngabuburit. (muh)