Nony Perkuat Indonesia di Lion Cup 2019

biliar-cirebon
Pebiliar putri Kota Cirebon, Nony Kristyanti Andilah, akan tampil di Lion Cup Singapore Open 2019. Foto: FOTO: TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

CIREBON – Nony Krystianti Andilah kembali dipercaya memperkuat kontingen Merah Putih. Kali ini, pebiliar putri Kota Cirebon itu akan diterjunkan di ajang Lion Cup Singapore Open 2019. Nony satu-satunya pebiliar putri dari lima wakil yang dikirim Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (PP POBSI) menuju perhelatan akbar tersebut.

Lion Cup Singapore Open 2019 digelar 15-21 Juli di Cuesport Singapore Academy Mountbatten Road, Katong Shoping Centre. Selain Nony, POBSI akan diwakili oleh Arun, Ponco Manurung, Rizky dan Jendy Apriadana. Nony beserta Rizky dan Jendy merupakan pebiliar junior yang dikirim POBSI untuk mengisi slot tersisa di kejuaraan tersebut.

Sementara dua pebilar lainnya, yaitu Arun dan Ponco Manurung lolos ke babak utama Lion Cup 2019 lewat kualifikasi yang digelar sejak 6 Juni 2019. Ponco lebih awal memastikan tiket ke babak utama lewat pertandingan Sabtu (8/6) lalu. Sementara Arun baru mengamankan langkahnya ke babak pada Senin (10/6) kemarin.

Saat dikonfirmasi Radar Cirebon kemarin (11/6), Nony mengaku bangga kembali dipercaya untuk tampil di ajang internasional. Terlebih, dia merupakan satu-satunya pebiliar putri yang akan diboyong ke Singapura. Lion Cup salah satu kejuaraan bergengsi di Asia Tenggara. Target pebiliar 24 tahun itu pun tidak muluk-muluk.

“Saya bersyukur diberi kesempatan dan kepercayaan bertanding membawa nama Indonesia. Saya tentu akan berusaha menampilkan kemampuan terbaik. Semoga bisa belajar banyak dari pengalaman di Singapura nanti,” kata dia.

Disinggung soal peluangnya merebut gelar di Lion Cup, Nony mengaku enggan berspekulasi. Menurut dia, lebih baik fokus pada program latihan dan peningkatan performa. “Soal peluang, pelatih yang lebih tahu. Saya fokus pada latihan saja. Apalagi waktu untuk persiapan hanya satu bulan saja,” ucapnya.

Kini, pebiliar kelahiran Cirebon, 23 November 1995 itu, memang telah berada di Jakarta setelah libur akhir Ramadan dan lebaran. Nony memilih untuk tinggal dan berlatih di ibukota sejak dua tahun lalu. Di sana dia berlatih bersama para pebiliar nasional. Baginya, itu merupakan bagian dari upaya mewujudkan impian menjadi pebiliar putri terbaik tanah air.

“Di Jakarta banyak teman untuk sparring, itu bagus untuk perkembangan mental tanding saya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kota Cirebon, Hj Wati Musilawati turut bangga. Dia berharap, Nony meraih hasil terbaik dari perhelatan di Singapura tersebut. Menurut Wati, KONI Kota Cirebon akan selalu mendukung kiprah atlet-atlet terbaiknya.

“Dukungan akan selalu mengalir untuk atlet-atlet terbaik Kota Cirebon. Demikian pula untuk Nony. Semoga tidak ada kendala yang merintangi dan Nony meraih hasil terbaik di Singapura nanti,” ucapnya. (ttr)

Berita Terkait