Optimis Penataan Kawasan Pecinan Cirebon Bisa Terwujud

ilmi-kawasan-pecinan-(12)
Salah satu kawasan pecinan di Jalan Winaon didorong untuk ditata sehingga bisa menjadi magnet untuk wisata dan belanja.FOTO: ILMI YANFA UNNAS/ RADAR CIREBON

CIREBON – Warga Tionghoa di Kota Cirebon sangat berharap Pemkot Cirebon bisa mewujudkan penataan kawasan pecinan. Karena selain menjadi wisata sejarah, juga untuk bisa meningkatkan perekonomian.

Salah seorang warga Tionghoa Kota Cirebon, Sandi Yudha mengatakan, dirinya mempunyai harapan agar penataan kawasan pecinan bisa segera terwujud di bawah pemerintahan yang baru. “Pecinan itu kan mempunyai nilai histori bagi kami warga Tionghoa di Kota Cirebon,” ujarnya kepada Radar Cirebon. 

Sandi sangat optimis Pemkot Cirebon bisa mewujudkan penataan kawasan pecinan. “Apalagi dengan walikota dan wakil walikota yang baru ini, kami mempunyai keoptimisan penataan kawasan pecinan ini bisa terlaksana,” ujarnya.

Diungkapkannya, kawasan pecinan mempunyai keuntungan tersendiri bagi warga Kota Cirebon. “Karena dengan adanya kawasan pecinan ini tentunya bisa menjadi aset wisata di Kota Cirebon. Di Surabaya dan Bandung sudah ada tertata dengan baik,” ujarnya.

Kawasan pecinan ini, menurut Sandi, sangat menjadi nilai lebih bagi wisata di Kota Cirebon. “Dengan adanya kawasan pecinan, lokasinya cukup strategis, di mana di situ juga dekat dengan keraton. Sehingga nanti wisata keraton bisa, wisata pecinan juga bisa. Lalu untuk wisata berbelanja atau kuliner juga bisa,” tuturnya.

Terpisah, anggota DPRD Kota Cirebon, Imam Yahya, sangat setuju jika penataan kawasan pecinan diwujudkan. “Kami sepakat jika penataan kawasan pecinan dilakukan,” ujarnya.

“Kami terus mendorong pemkot agar bisa segera realisasikan keinginan dari kawan-kawan Tionghoa untuk mewujudkan kawasan pecinan,” ujarnya. (den)