Orang Tua Musa Buka Rahasia Cara Didik Anaknya Sampai Hafal Alquran

JAKARTA – Suatu kebanggaan tersendiri bagi orang tua yang melihat anaknya meraih kemenangan. Hal itu tengah dirasakan lelaki bernama La Ode Abu Hanifa.

Ya, dia merupakan seorang ayah yang hebat bisa mengantarkan anaknya, Musa La Ode Abu Hanafi, mendapat gelar juara di kancah internasional. Musa berhasil meraih juara tiga dalam Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Internasional di Mesir.

Keberhasilan Musa bisa menjadi seorang hafiz (penghafal Alquran) juga tentunya tidak lepas dari peran orang-orang terdekatnya, terutama orang tuanya.

Melalui akun Facebook-nya, La Ode membocorkan rahasianya bisa mendidik anak menjadi seorang hafiz. Hal ini juga bisa diterapkan para orang tua yang ingin mengajarkan buah hatinya cepat menghafal Alquran.

Menurut bapak dari empat anak itu, prestasi anaknya, Musa, ini berkat kegigihan istrinya yang selalu mengajarkan dan mengingatkan untuk terus membaca Alquran.

Karena itu, dia berpesan, bagi yang belum menikah hendaklah mencari istri yang shalihah yang mau mengajari anak-anaknya dengan penuh kasih sayang dan kesabaran.

“Shalihah ini yang memiliki semangat belajar agama, semangat mengamalkan agama Allah, dan mempraktikan agama Allah. Bayangin, sambil menyusui anaknya, si ibu sambil ngaji, si anak mendengarkan lantunan dari ibunya,” ujarnya.

Untuk para ibu juga sebaiknya mempunyai jadwal untuk buah hatinya. Bukan hanya jadwal belajar, namun jadwal bermain anak juga harus ada, termasuk jadwal istirahat serta jadwal makan dan yang lainnya.

“Anak-anak harus main. Dan ketika main nggak boleh diganggu. Begitu juga kalau jadwal belajar ya harus belajar jangan diganggu. Seorang ibu harus istiqamah, jangan ‘ah namanya juga anak-anak’, lalu disepelekan. Orang tua harus membuat anak teratur, jadi anak terbiasa hidup disiplin, terbiasa melawan hawa nafsu,” paparnya.

Yang lebih penting lagi, kata dia, jauhkaan anak dari gadget dan tayangan televisi. “Gedget dilarang, juga tayangan televisi. Itu akan membuat lalai dan cepat lupa hafalan. Main Facebook itu juga bisa membuat lalai. Yang dewasa aja lalai, gimana anak-anak,” ungkap La Ode.

Setiap harinya, istri La Ode selalu mengajak anak-anaknya membaca Alquran. Pertama, bakda subuh sampai pukul 07.00. Kemudian membaca Alquran kembali setelah zuhur hingga jam 02.00 atau jam 02.30. Dan, berlanjut bakda asar sampai pukul 16.30. Terkadang juga usai magrib dilanjutkan membaca ayat suci tersebut.

Musa sendiri, kata La Ode, mampu membaca 3 juz dalam sehari. “Awalnya memang Musa sulit menghafal sebagaimana umumnya anak, namun dengan ketekunan akhirnya hafal juga,” tuturnya.

Kunci paling penting adalah Murajaahnya alias mengulang-ulang hafalan. Perlu diketahui juga La Ode sendiri tidak hafal semua itu, namun bisa membuat anaknya, Musa, menjadi penghafal Alquran. (fab/JPG)