PD Pembangunan Kota Cirebon Kembangkan Pantai Kesenden

Aktivis lingkungan membersihkan sampah di pesisir Pantai Samadikun, Jumat (8/3). FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON
Aktivis lingkungan membersihkan sampah di pesisir Pantai Samadikun, Jumat (8/3) lalu.FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Upaya pengembangan wisata bahari Pantai Kesenden, memang tidak terdengar banyak pihak. Baru belakangan diketahui. Juga minim informasi, siapa yang akan melakukan pengembangan. Namun, Perusahaan Daerah Pembangunan (PDP) membenarkan rencana tersebut.

Direktur Utama PDP Dr Pandji Amiarsa menuturkan, perusahaan yang dipimpinnya memiliki perencanaan penataan kawasan pantai tersebut. Ini merupakan bentuk partisipasi dan dukungan terhadap program pemkot. “Pantai Kesenden memiliki potensi yang cukup besar sebagai destinasi wisata dan kami siap menjadi pengelola,” ujarnya.

Perencanaan ini, lanjutnya, baru memasuki tahap awal. Berupa tahapan inventarisasi dan identifikasi tanah disepanjang Pantai Kesenden, yang dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam sebuah tim.

Identifikasi penting dilakukan, pasalnya harus diketahui dulu kepemilikan tanah, baik oleh masyarakat ataupun pihak lain. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan pemetaan kepemilikan tanah dan memvalidasinya. Hasilnya juga harus disinkronisasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Hitungan sementara luas Pantai Kesenden yang akan digunakan pengembangan wisata Bahari Pantai Kesenden mencapai 10 hektare. Tapi, kebutuhan lahan ini tentatif. Pandji enggan lebih dalam lagi mengulas detail perencanaan, mau dibuat seperti apa atau konsepnya bagaimana. Dia beralasan proses yang dijalani belum melewati proses validasi dan sinkronisasi dari BPN.

Kemudian terkait study feasibility dan study komprehensif juga belum dilakukan.”Nanti kalau sudah melewati proses itu, baru akan kami jelaskan detail perencanaannya. Doakan ya, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya bisa sukses,” tandasnya. (myg)