Peduli Korban Gempa dan Tsunami Palu, Paguyuban Karoya-ACT Galang Dana

GALANG DANAPaguyuban Karoya Bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon galang dana untuk korban gempa dan tsunami Palu, Sigi dan Donggala.FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON-Banjir dukungan terus mengalir kepada korban gempa dan tsunami yang terjadi di wilayah Donggala, Sigi dan Palu. Termasuk salah satunya datang dari Paguyuban Karoya Pemuda RW 03, Desa Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon Bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon.

Dukungan tersebut berupa aksi penggalangan dana peduli. Aksi ini dilakukan di beberapa lokasi wilayah Desa Sindangjawa selama empat hari berturut-turut mulai dari Kamis (4/10) hingga Minggu (7/10). Dari aksi penggalangan dana tersebut berhasil terkumpul Rp5.516.200.

Muhamad Dhafa selaku Ketua Paguyuban Karoya Pemuda RW Desa Sindangjawa kepada radarcirebon.com menuturkan, aksi ini dilakukan didasari rasa kemanusiaan terhadap sesame.

“Selain itu sebagai bentuk persatuan kita sebagai bangsa dan negara Indonesia. Kita sebagai pemuda sudah seharunya tergerak hati dan jiwanya ketika melihat saudara-saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala tertimpa musibah yang memakan korban begitu banyak,” tuturnya.

Ia mengajak para pemuda untuk melakukan aksi penggalangan dana demi kemanusiaan. “Ini memang hal kecil, tapi tentu sangat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan di sana (Palu, Sigi dan Donggala). Dana yang terkumpul akan disalurkan lewat organisasi atau lembaga kemanusiaan ACT Cirebon,” ujarnya.

Sementara itu, Aisyah salah satu pengurus ACT mengapresiasi aksi penggalangan dana peduli Palu, Sigi dan Donggala yang dilakukan pemuda RW 03 Desa Sindangjawa tersebut. “Saya menilai aksi ini bagus untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan di kalangan pemuda,” katanya. (rdh)