Peduli Kucing Telantar, KPKC Beri Makanan dan Pengobatan Gratis

Komunitas Pecinta Kucing Cirebon (KPKC) berburu kucing liar di Pasar Kanoman untuk diberikan makanan dan pengobatan bagi kucing yang sakit, Rabu malam (12/6). FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM
Komunitas Pecinta Kucing Cirebon (KPKC) berburu kucing liar di Pasar Kanoman untuk diberikan makanan dan pengobatan bagi kucing yang sakit, Rabu malam (12/6).FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON-Sebagai bentuk kepedulian terhadap kucing liar, Komunitas Pecinta Kucing Cirebon (KPKC) berburu kucing liar di Pasar Kanoman untuk diberikan makanan dan pengobatan bagi kucing yang sakit, Rabu malam (12/6).

Kegiatan itu mereka sebut “Street Feeding”, sebuah kegiatan pemberian makanan cuma-cuma kepada kucing jalanan. Pantauan radarcirebon.com, mengawali aksinya mereka berkumpul di alun-alun depan Keraton Kanoman. Setelah semua anggota sudah kumpul, barulah mereka masuk ke dalam Pasar Kanoman untuk mencari kucing-kucing yang telantar dan lapar.

Meski tak sedikit di antara kucing-kucing tersebut lari karena ketakutan. Namun setelah melihat ada makanan, kucing-kucing itu pun dengan santai menghampiri para anggota KPKC dan memakan makanan gratis itu.

Menurut Dian selaku sekertaris dan Divisi Sosial KPKC, kucing-kucing liar atau terlantar jumlahnya sangat banyak di Kota Cirebon. “Acara ini termasuk agenda rutin mingguan kami, yang biasa diakukan. Selain memberi makan kucing liar dan telantar, kami juga mengobati kucing-kucing yang terluka. Bahkan kami berikan juga vitamin kepada kucing-kucing yang sakit,” ujarnya kepada radarcirebon.com.

Masih di tempat yang sama, Ais Ahmad selaku Ketua Divisi Gathering KPKC mengaku geram melihat masih adanya oknum warga yang melakukan penganiayaan atau penyiksaan terhadap kucing. “Kasus yang viral di medsos ada kucing diseret oleh oknum masyarakat itu sangat sadis sekali. Saya dan teman-teman di KPKC sangat mengecam aksi itu. Kemudian di Jakarta ada razia pembersihan terhadap kucing, hingga kini kita ngga tahu nasibnya kucing-kucing yang ditangkepin itu,” akunya geram.

Sementara, Ayu salah satu member KPKC berharap banyak manusia lebih peduli kepada kucing jalanan. “Kami siap membantu kucing-kucing terlantar apabila ada yang sakit atau mengalami kecelakaan, kucing akan dibawa ke klinik atau rumah sakit agar bisa diobati dan kami (KPKC) yang menanggung biayanya dari uang kas,” katanya.

Bagi pecinta kucing atau cat lovers yang ingi bergabung, Masih kata Ayu, caranya mudah, cukup menjadi member di grup facebook Komunitas Pecinta Kucing Cirebon dengan akun asli facebook tentunya, diikuti dengan niat baik untuk bersilaturahmi dan berperan serta pada kegiatan. (rdh)