Pelebaran Jalur di Tiga Kecamatan Akses ke BIJB, Habiskan Rp16 Miliar

bae-Akses-Menuju-Bendungan-Diperbaiki-1
Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Majalengka menargetkan, akhir bulan ini perbaikan pelebaran jalur antara kecamatan Sumberjaya menuju Ligung dan Jatitujuh rampung. FOTO: ONO CAHYONO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA-Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Majalengka menargetkan, akhir bulan ini perbaikan pelebaran jalur antara kecamatan Sumberjaya menuju Ligung dan Jatitujuh rampung.

Kepala Dinas BMCK Drs H Eman Suherman MM menjelaskan pelebaran jalur di tiga kecamatan tersebut bersumber dari kementerian terkait atau APBN dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018. Anggaran yang dihabiskan sekitar Rp16 miliar tersebut diarahkan untuk mendukung program strategis nasional atau keberadaan BIJB di Kertajati.

“Artinya kabupaten Majalengka mendapatkan kucuran anggaran dari APBN untuk pelebaran jalan dari mulai desa Pancaksuji Kecamatan Sumberjaya via Lojikobong menuju Ligung ke desa Wanasalam hingga Jatitujuh,” ujar Eman.

Infrastruktur pendukung BIJB ini diupayakan agar masyarakat yang bakal mengakses jalur timur dan utara tersebut bisa leluasa karena kondisi jalan sudah dilebarkan. Artinya bagi masyarakat dari berbagai daerah yang akan masuk atau melintas jalur nontol menuju BIJB bisa sangat mudah karena kondisi jalan sudah layak pakai.

Secara umum pelebaran jalan itu bertujuan untuk memudahkan akses menuju bandara. Namun secara kebetulan ada program pemerintah yakni dipilihnya Bendungan Rentang sebagai salah satu venue Asian Games pada cabor Kano Slalom.

“Secara kebetulan pemerintah telah mengalokasikan di jalur ini. Alhamdulillah pas diminta dukungan, bak gayung bersambut dengan kebijakan pemerintah ini. Karena infrastruktur yang sedang diperbaiki memang dekat dengan venue. Jadi ketika ada tamu dari luar negeri maupun para atlet, venue di sana sudah layak dan siap digunakan,” imbuhnya.

Pelebaran jalur tiga kecamatan itu di target akhir bulan sekarang selesai. Pihaknya meyakini jika secara  infrastruktur bahwa lokasi venue di Bendungan Rentang tidak akan ada hambatan. Ketika ada yang nonton dari berbagai daerah di Indonesia bisa mengakses ke lokasi dengan mudah. “Jalan tersebut dengan lebar 7 meter hingga 10 meter dengan bahu jalan,” pungkasnya. (ono)